Wasit Dianggap Rugikan Timnas Indonesia U-23, Akun Medsos Federasi Sepak Bola Tajikistan Jadi Bulan-bulanan Netizen

Nusantaratv.com - 16 April 2024

Timnas Indonesia U-23 kalah dari Qatar pada laga perdana Piala AFC U-23 2024. (dok PSSI)
Timnas Indonesia U-23 kalah dari Qatar pada laga perdana Piala AFC U-23 2024. (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Akun media sosial Federasi Sepak Bola Tajikistan (FFT) jadi pelampiasan kemarahan para netizen Indonesia. Mereka menumpahkan kekesalannya terhadap kepempinan Nasrullo Kabirov pada laga Qatar vs timnas Indonesia di Piala Asia U-23, Qatar, Senin (15/4/2023).

Dalam duel ini, Indonesia diketahui kalah 0-2. Kekalahan ini membuat perjalanan Indonesia ke babak selanjutnya tambah berat. Saat ini, Indonesia berada di dasar klasemen Grup A tanpa poin.

Wasit Nasrullo Kabirov dari Tajikistan dianggap banyak mengeluarkan keputusan kontroversial pada pertandingan yang berlangsung Stadion Jassim bin Hamad, Doha tersebut. Salah satunya adalah hadia penalti  kepada tuan rumah Qatar yang diberikan Kavirov di babak pertama.

Saat itu, Kabirov menganggap Rizky Ridho melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Dia sempat mengecek VAR, tapi keputusannya tidak berubah dan tetap menunjuk titik putih.  Khalid Ali Sabah yang maju sebagai eksekutor akhirnya berhasil membawa tuan rumah unggul 1-0 atas Indonesia.  

Baru semenit babak kedua berjalan, Kabirov kembali membuat meradang suporter Indonesia. Dia mengeluarkan kartu merah kepada Jenner pada menit ke-46 setelah menganggap pemain naturalisasi Belanda tersebut melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Qatar.

Nasib yang sama juga dialami oleh Ramadhan Sananta. Dia diusir masa injury time babak kedua. 

PSSI juga berang melihat kepemimpinan Kabirov dan bakal melayangkan protes resmi kepada AFC. Sementara netizen Indonesia memilih cara lain untuk melampiaskan kekesalannya pada Kabirov. 

Mereka menyerbu akun Instagram Federasi Sepak Bola Tajikistan dab meluapkan kemarahannya lewat komentar-komentar pedas pada beberapa unggahan akun tersebut.

"Wasit Anda menodai keadilan sebuah pertandingan. Allah akan membalasnya suatu saat nanti," tulis salah seorang pengguna IG. 

"Tolong lebih cerdas dalam memilih wasit," tulis yang lainnya. 

"Anda memalukan Nasrul," komentar netizen lainnya tak kalah pedas.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])