Warganya Ogah Divaksin,  Rusia Catat Rekor Tertinggi Kasus Covid-19, 34.303 dalam Sehari

Nusantaratv.com - 17 Oktober 2021

Petugas medis di Rusia sedang membawa pasien covid-19/ist
Petugas medis di Rusia sedang membawa pasien covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Moskow, Nusantaratv.com-Di saat sebagian besar negara di dunia sudah berhasil menekan laju penularan covid-19, sebaliknya Rusia justru semakin memburuk. Pemerintah Rusia melaporkan, hari ini Minggu 17 Oktober 2021 terjadi pecah rekor kasus covid-19 menembus 34.303 kasus dalam satu hari. 

Sementara kasus kematian harian turun sedikit dari hari sebelumnya, yakni 999 kematian.

Dengan tambahan ini maka total jumlah kasus covid-19 di Rusia menjadi nyaris 8 juta kasus dengan 223.312 kematian. 

Lambatnya vaksinasi warga ditengarai menjadi penyebab meroketnya jumlah kasus baru dan kasus kematian akibat covid-19 di Rusia. 

Situasi darurat covid-19 yang terjadi saat ini memaksa Kementerian Kesehatan Rusia meminta para pensiunan dan tenaga medis yang telah divaksinasi untuk kembali bekerja.

Baca juga: Pemerintah Siapkan 6 Strategi Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 di Akhir Tahun 2021

Meski penularan semakin massif namun pemerintah Rusia menolak keras usulan untuk memberlakukan kembali pembatasan besar-besaran atau lockdown. Pemerintah Rusia menyatakan pihak berwenang harus memastikan 'ekonomi terus bekerja'.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov sekali lagi mengesampingkan lockdown, dan mengatakan bahwa pihak berwenang harus 'terus menjelaskan kepada orang-orang tentang perlunya divaksinasi'.

"Tidak bertanggung jawab jika tidak mendapatkan vaksin," kata Dmitry Peskov.

Peskov mengklaim sistem kesehatan Rusia siap dan tidak kewalahan menghadapi lonjakan kasus covid-19 yang terjadi saat ini. 

"Seluruh infrastruktur medis dimobilisasi," tukasnya.

Mirisnya, kondisi penanganan pandemi covid-19 yang memburuk di Rusia tak mendapat dukungan dari warganya. Hasil jajak pendapat terbaru menunjukkan lebih dari setengah warga Rusia tidak berniat untuk divaksinasi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])