Warga Ceko Patungan Beli Tank untuk Dukung Ukraina Hadapi Rusia 

Nusantaratv.com - 05/10/2022 22:45

Warga Ceko sumbang tank untuk pasukan Ukraina/ist
Warga Ceko sumbang tank untuk pasukan Ukraina/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Warga Ceko menunjukkan dukungan konkret untuk Ukraina yang sedang berperang melawan Rusia. Dengan sukarela mereka melakukan penggalangan dana atau crowdfunding untuk membeli tank demi membantu pasukan Ukraina. 

Hasil dari penggalangan dana terkumpul 1,30 juta dolar AS (lebih dari Rp 19 miliar) untuk membeli sebuah tank modern untuk tentara Ukraina.

Penyelenggara kampanye menyebut menerima sumbangan dari 11.288 donor individu, dan tank T-72 era Soviet bernama Tomas yang telah dimodernisasi akan dikirim ke Ukraina.

Dana untuk membeli tank tersebut juga didukung oleh Kementerian Pertahanan Ceko dan Kedutaan Besar Ukraina di Praha.

Menteri Pertahanan Ceko, Jana Cernochova, bergurau bahwa pendonor telah membelikan Presiden Rusia Vladimir Putin "hadiah yang pantas" untuk merayakan hari ulang tahunnya yang ke-70 pada 7 Oktober.

"Terima kasih banyak kepada semua yang membelikan (Putin) 'hadiah' dalam bentuk dukungan untuk Ukraina," katanya di Twitter, mengutip okezonecom.

"Sekali lagi, terima kasih banyak atas kemurahan hati dan solidaritas Anda. Kita harus terus membantu Ukraina! Kita semua. Dan kita akan melakukannya!"

Duta Besar Ukraina di Praha, Yevhen Perebyynis, mencuit, "Republik Ceko telah menjadi negara pertama di mana masyarakat biasa membeli tank untuk (Kementerian Pertahanan Ukraina)."

T-72 Avenger adalah versi modern dari tank era Soviet yang pertama kali diproduksi pada tahun 1969. Tank ini telah dilengkapi dengan perangkat baru untuk menciptakan smoke screen (lapisan asap) dalam pertempuran dan memiliki meriam depan yang lebih canggih.

Penyelenggara memastikan akan terus mengumpulkan donasi untuk memasok kebutuhan militer lain untuk pasukan Ukraina, termasuk drone, pakaian termal, rompi antipeluru, dan amunisi.

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in