Wapres Resmikan Pembangunan 21 BLK di Papua dan Papua Barat

Nusantaratv.com - 16 Oktober 2021

Wapres KH Ma'ruf didampingi Menaker Ida Fauziyah secara simbolis meresmikan pembangunan 21 BLK di Papua dan Papua Barat/ist
Wapres KH Ma'ruf didampingi Menaker Ida Fauziyah secara simbolis meresmikan pembangunan 21 BLK di Papua dan Papua Barat/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jayapura, Nusantaratv.com-Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meresmikan pembangunan 21 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Papua dan Papua Barat. Peresmian secara simbolis dilaksanakan di Yayasan Global Mission International Indonesia (GMII), Sentani, Jayapura.

Ma'ruf Amin mengatakan Papua yang memiliki wilayah terluas di Indonesia, menyimpan potensi sumber daya alam yang bernilai ekonomis dan strategis. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan meresmikan BLK guna mewujudkan ketersediaan SDM kompeten yang merata di seluruh Tanah Air.

"Memperhatikan potensi yang dimiliki Papua, Kementerian Ketenagakerjaan mengambil peran dalam peningkatan kompetensi SDM melalui program pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas," kata Ma'ruf Amin, Sabtu (16/10/2021).

Dalam kunjungan kerja ke Papua kali ini, Wapres turut didampingi Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dan Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon yang juga Presiden Komisaris NT Corp.

Ma'ruf Amin lebih lanjut menjelaskan sejak tahun 2017-2020, Kemnaker telah mengalokasikan pembangunan BLK Komunitas sebanyak 12 lembaga di Papua dan Papua Barat. Adapun lembaga ini tersebar di Papua sebanyak 7 lembaga dan Papua Barat sebanyak 5 lembaga.

Di tahun 2021, Kemnaker mengalokasikan program dan anggaran pembangunan BLK Komunitas sebanyak 21 lembaga penerima bantuan pembangunan BLK Komunitas. Hal ini meliputi 12 lembaga di Papua dan 9 lembaga di Papua Barat.

Baca juga: Wapres Minta Menaker Tingkatkan Kualitas SDM di Papua Barat Lewat BLK

Ma'ruf menegaskan pembangunan BLK Komunitas merupakan upaya untuk mendekatkan akses peningkatan kompetensi SDM di Papua dan Papua Barat. Meski demikian, upaya ini tidak akan berjalan maksimal jika tidak didukung dengan kerja sama dan sinergi dari Pemerintah Daerah, dunia usaha dan dunia industri, serta komunitas di masyarakat.

"Ini menjadi tugas besar bagi kita semua untuk menyiapkan manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang baik, serta menyiapkan SDM kompeten dan hebat dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada," ujar Wapres, mengutip detik.

Pada kesempatan yang sama, Menaker, Ida Fauziyah menjelaskan BLK Komunitas bertujuan untuk mempermudah masyarakat di seluruh Indonesia dalam mengakses pelatihan.

"Kami ingin menunjukkan bahwa dengan pembangunan BLK Komunitas ini, pemerintah bertekad untuk menjangkau segala sudut yang belum terjangkau oleh lembaga pelatihan, baik lembaga pelatihan pemerintah maupun lembaga pelatihan swasta," katanya.

Sejak tahun 2017-2020, Ida mengatakan pihaknya telah membangun 2.127 BLK Komunitas yang tersebar di lembaga keagamaan dan komunitas serikat pekerja/serikat buruh di seluruh Indonesia.

Di tahun ini, pembangunan 21 BLK Komunitas di Papua dan Papua Barat pun menjadi komitmennya pemerintah dalam membangun Papua dan Papua Barat, khususnya terkait pembangunan SDM. Ida berharap adanya BLK Komunitas dapat meningkatkan keahlian masyarakat.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])