Wamenkes: RI Sudah Lewati Puncak Kasus-Kematian Covid-19

Nusantaratv.com - 08 September 2021

ilustrasi virus corona
ilustrasi virus corona

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono, menyebut Indonesia telah melewati masa puncak kasus penularan dan kematian Covid-19.

Menurut dia, masa puncak Covid-19 saat ini sedang melanda sejumlah negara tetangga di kawasan ASEAN seperti Malaysia serta Vietnam.

"Kita sudah melewati masa puncak kasus konfirmasi rumah sakit dan kasus kematian di rumah sakit untuk eskalasi beberapa waktu lalu," ujar Dante dalam konferensi pers daring, Senin (6/9/2021) malam.

Dia melanjutkan, penurunan kasus Covid-19 di Indonesia tidak boleh membuat seluruh elemen terlena. Menurutnya, saat ini merupakan waktu bagi Indonesia untuk meningkatkan ketahanan medis.

Menurutnya, pengabaian terhadap pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) berpotensi membuat kasus Covid-19 mengalami kenaikan. Dante berkata, situasi tersebut telah terjadi di beberapa negara yang sudah melaksanakan program vaksinasi dengan baik seperti Amerika Serikat, Inggris, serta Israel.

"Menurunnya kasus bukan membuat kita terlena, tapi inilah saat kita menguatkan ketahanan medis. Di Amerika [Serikat], Inggris, Israel, di mana di Amerika Serikat angka vaksinasi sedemikian baik terjadi lagi kenaikan kasus tersebut. Ini disebabkan karena abai prokes karena dirasa sudah vaksin," katanya.

Berangkat dari itu, Dante menegaskan, vaksin bukan sebuah 'game changer'. Menurutnya, komponen penting dalam menghadapi pandemi Covid-19 ialah kepatuhan dalam melaksanakan prokes.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])