Wakil Ketua MPR Prihatin Kekerasan Rasial di AS

Nusantaratv.com - 22 Maret 2021

Ahmad Basarah, Wakil Ketua MPR
Ahmad Basarah, Wakil Ketua MPR

Penulis: Mochammad Rizki

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah prihatin atas melonjaknya kasus kekerasan rasial terhadap orang-orang Asia-Amerika di sejumlah wilayah di Amerika Serikat. Ia menyayangkan kasus serangan rasialis yang mencapai ribuan kasus itu justru terjadi di negeri kampiun demokrasi yang selama ini mengampanyekan demokrasi, isu-isu Hak Asasi Manusia (HAM) dan multikulturalisme.

"Rakyat Amerika Serikat mestinya menjadikan kemenangan Presiden Joseph Robinette Biden Jr dan Wakil Presiden Kamala Harris sebagai momentum kemenangan multikulturalisme. Biden pernah terlibat dalam mewujudkan perdamaian di Balkan, sedangkan Kamala Harris adalah anak seorang ibu keturunan India dan ayahnya keturunan British Jamaica," ujar Basarah dalam keterangannya, Senin (22/3/2021).

"Bagaimana mungkin dari negeri yang menjunjung tinggi multikulturalisme itu kini merebak rasialisme yang masif," tanya Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Luar Negeri ini.

Media internasional, kata dia, memberitakan pada tahun lalu, kelompok advokasi bernama StopAAPI Hate mengaku menerima lebih dari 2.800 laporan insiden kebencian yang ditujukan pada orang Asia-Amerika secara nasional di AS. Kelompok tersebut bahkan menyiapkan alat pelaporan mandiri online pada awalpandemi.
 

"Kasus-kasus yang melawan hati nurani itu sebenarnya tidak perlu terjadi jika warga AS atau warga negara mana pun di dunia ini arif dan bijaksana menyikapi berita yang beredar tentang COVID-19," jelasnya.Sementara itu, Dewan Perencanaan Kebijakan Asia Pasifik AS, sejak Maret-Mei 2020, melaporkan lebih dari 800 insiden kebencian terkait COVID-19 dilaporkan dari 34 kabupaten di negara bagian California, AS. Sejumlah masyarakat Indonesia di AS juga dilaporkan cemas dengan meningkatnya kasus-kasus rasialis pada keturunan Asia-Amerika.

Menurutnya, media massa sebenarnya sudah memberitakan sejak 14 Januari 2021 lalu bahwa tim penyelidik dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pimpinan Peter Ben Embarek sama sekali tidak menemukan fakta bahwa Wuhan menjadi sumber pertama virus Corona yang merebak pada 2019, apalagi akibat kebocoran laboratorium di Kota Wuhan seperti yang diteorikan selama ini.

"Kasus-kasus rasialis yang kini merebak di AS seharusnya menjadi pelajaran buat masyarakat di Indonesia agar kita juga tak gampang tersulut emosi hanya gara-gara membaca berita yang belum tentu benar alias hoaks. Amerika yang besar dan sudah lama berdemokrasi serta getol mengkampanyekan isu-isu HAM saja bisa goyah akibat terprovokasi berita hoaks, apalagi kita. Masyarakat kita juga multikultural seperti masyarakat di AS," jelas Basarah.

Lebih lanjut, dia menuturkan Amerika telah meratifikasi International Convention on the Elimination of All Forms of Racial Discrimination (ICERD) sejak 28 Oktober Tahun 1994. Pasal 16Covenan ini mewajibkan negara yang telahmeratifikasinya untuk menjamin setiap orang di dalam wilayahnya memperoleh perlindungan terhadap berbagai tindakan diskriminasi ras yang melanggar hak asasi manusia dan kebebasan dasar yang bertentangan dengan Konvensi ini maupun hak untuk memperoleh perbaikan dan penggantian yang adil dan layak akibat diskriminasi semacam itu.

"Untuk itu saya berharap Kedutaan Besar Republik Indonesia di AS agar mencermati kasus-kasus serangan berbau rasialisme yang menimpa warga Indonesia yang menetap di sana, lalu memberikan perlindungan dan advokasi hukum semaksimal mungkin. AS tidak boleh mengingkari covenan yang telah mereka sepakati sendiri," ungkapnya.

Sekjen Presidium GMNI masa bakti 1996-1999 ini pun mengingatkan bahwa masyarakat Indonesia harus menjadi teladan menyikapi kasus-kasus rasialis di AS. "Masyarakat Indonesia punya ideologi Pancasila yang mengajarkan pesan-pesan ketuhanan, kemanusiaan, persaudaraan, persatuan, permusyawaratan dan keadilan yang bertentangan dengan sikap-sikap rasialis yang kini ditunjukkan oleh beberapa kelompok masyarakat AS," pungkas Basarah.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])