Viral Remaja 18 Tahun di Klaten Idap Faringitis Gara-gara Rokok dan Vape

Nusantaratv.com - 19 April 2024

Ilustrasi vape (pixabay/ doodleroy)
Ilustrasi vape (pixabay/ doodleroy)

Penulis: Adiansyah

Nusantaratv.com - Belakangan viral kabar seorang pria berusia 18 tahun di Klaten, Jawa Tengah mengidap faringitis akut, gegara sering mengisap rokok dan vape.

Kondiri yang diderita oleh remaja tersebut membuatnya sempat keluar masuk rumah sakit sebanyak empat kali.

Lewat postingan akun Instagram @klaten_24jam, remaja itu bernama Rico Thomas Dwi Ardhana, mengaku mengidap kondisi tersebut pasca lebih dari tujuh tahun konsisten menghisap rokok dan vape. 

Selain faringitis, remaja yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) itu juga didiagnosis mengidap bronkitis akut.

"Kronologinya saya ngerasain nyeri bagian dada kanan, sesak napas, pegel bagian dada dan punggung, demam naik turun," ujarnya kepada awak media, dikutip dari Instagram @klaten_24jam Jumat, 19 April 2024. 

"Saya masuk rumah sakit terakhir 4 Februari 2024 dan sudah ke rumah sakit empat kali," tambahnya. 

Melansir dari berbagai sumber, gejala faringitis sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada tenggorokan atau faring. 

Kondisi semacam ini dikenal juga sebagai radang tenggorokan, umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Meski faringitis ini kerap disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, kondisi tersebut juga bisa dipicu oleh kebiasaan mengisap asap rokok. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])