Video Viral Kemudikan Tesla Sambil Pakai VR, Pemerintah AS Buka Suara

Nusantaratv.com - 06 Februari 2024

Ilustrasi. Tesla. (Dok/Chen Lin/Reuters)
Ilustrasi. Tesla. (Dok/Chen Lin/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Video viral di media sosial memperlihatkan seseorang mengemudikan mobil Tesla Cybertruck dengan mengenakan headset virtual reality (VR) hingga memicu respons dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Reuters, Selasa (6/2/2024), Menteri Transportasi AS Pete Buttigieg mengatakan, pengemudi harus memegang kendali mobil yang dikendarai setiap saat berkendara. 

Komentar ini disampaikan pasca muncul video yang menunjukkan orang mengendarai Tesla sambil mengenakan headset VR Vision Pro yang baru saja dirilis Apple. Buttigieg memberikan tanggapan pada video yang diunggah di platform X (Twitter) dan sudah ditonton lebih dari 24 juta kali.

Dalam video tersebut tampak pengemudi Tesla memberi isyarat dengan tangannya untuk menggerakkan bidang dalam VR.

"Pengingat, semua sistem bantuan pengemudi canggih yang tersedia saat ini mengharuskan pengemudi manusia untuk memegang kendali dan sepenuhnya terlibat dalam tugas mengemudi setiap saat," kata Buttigieg di X.

Diketahui, Vision Pro dari Apple dirilis pekan lalu dan memadukan konten digital tiga dimensi dengan pemandangan dunia luar.  Apple sebelumnya menyatakan pengguna headset Vision Pro tidak boleh menggunakannya saat mengoperasikan kendaraan yang yang sedang melaju.

Terkait hal ini, baik Apple maupun Tesla belum menanggapi permintaan komentar.

Buttigieg telah membuat komentar serupa sebelumnya tentang penggunaan Tesla Autopilot. Tesla mengatakan fitur-fitur pengemudi canggihnya dimaksudkan untuk digunakan pengemudi yang memiliki perhatian penuh dan sigap untuk mengambil alih kemudi setiap saat. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])