Vaksin Merah Putih akan Diluncurkan pada Maret 2022

Nusantaratv.com - 13 Januari 2022

Ilustrasi vaksin covid-19/ist
Ilustrasi vaksin covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Meski terus mendatangkan vaksin covid-19 dari luar negeri, namun pemerintah juga terus mendorong produksi vaksin covid-19 buatan putra-putri Indonesia yang diberi nama Vaksin Merah Putih

Bahkan, dikabarkan dalam waktu dua bulan lagi atau tepatnya Maret 2022, vaksin Merah Putih akan dirilis. 

Saat ini sudah ada enam pengembang Vaksin Merah Putih, yakni Universitas Airlangga (UNAIR) bersama PT Biotis, PT Biofarma bersama Baylor College of Medicine, Universitas Indonesia (UI) bersama PT Etana, Institut Teknologi Bandung (ITB), PRBM Eijkman BRIN bersama PT Biofarma, Universitas Padjajaran bersama PT Biofarma & Lipotek, serta Vaksin Nusantara.

"Perkembangan riset dan hilirisasi vaksin produksi dalam negeri ini dilakukan oleh triplehelix, yakni pemerintah, industri farmasi, dan lembaga riset/perguruan tinggi," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kamis (13/1/2022).

Dijelaskan, untuk vaksin yang akan segera dirilis pada awal tahun 2022 ini adalah vaksin UNAIR-Biotis. Diperkirakan siap diproduksi massal pertengahan 2022.

Muhadjir kemudian meminta Kemenkes sebagai regulator untuk mencari titik temu antara pemerintah dengan Industri sebagai produsen, sehingga jadwal rilis produk vaksin Covid-19 produksi dalam negeri dapat sesuai harapan.

Baca juga: Warga Luar Bisa Suntik Vaksin Booster di DKI 

"Ini supaya bisa dipercepat tanpa mengurangi kualitas, presisi dan akurasi dari produknya," katanya.

Muhadjir mengharapkan Vaksin Merah Putih bisa segera rilis dan dapat slot untuk vaksinasi nasional dan membantu mengakhiri pandemi Covid-19 di Indonesia. 

Sementara itu, dalam sebuah kesempatan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengusulkan Vaksin Merah Putih primer paling lambat rilis Maret 2022, vaksin primer anak paling lambat Juni 2022, dan vaksin booster dapat ditunda rilis menjadi bulan Agustus 2022. 

Namun hal ini harus mempertimbangkan respons publik bagaimana vaksin primer diberikan dengan vaksin luar negeri dan booster diberikan vaksin Covid-19 dalam negeri.

Tak hanya sebatas itu, pemerintah juga akan mengupayakan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri bisa diekspor ke luar negeri. Kendati demikian, pemerintah tetap memprioritaskan stok vaksin dalam negeri agar cukup jika muncul varian baru covid-19. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])