Usai Gempa Magnitudo 4,8, Jepang Redam Spekulasi Letusan Gunung Fuji

Nusantaratv.com - 03 Desember 2021

Gunung Fuji di Jepang. (Istimewa)
Gunung Fuji di Jepang. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pihak berwenang Jepang pada Jumat (3/12/2021) meredam spekulasi tentang kemungkinan letusan gunung berapi Fuji, setelah gempa magnitudo 4,8 terjadi, bahkan menjadi trending topik di Twitter.

Dikutip dari Reuters, Jumat (3/12/2021), gempa yang terjadi pada pukul 06.37 waktu Jepang atau pukul 04.37 WIB mengguncang daerah dekat gunung ikonik tersebut, 100 km sebelah barat Tokyo, tetapi tidak ada laporan segera mengenai korban, korban luka, atau kerusakan besar.

Tagar 'Letusan Gunung Fuji', mulai menjadi tren dalam bahasa Jepang di Twitter, dengan satu pengguna mengatakan: "Tokyo akan berada dalam masalah besar jika Gunung Fuji meletus. Dengan virus corona yang terjadi, ke mana kita bisa melarikan diri?".

Gunung berapi Fuji terakhir meletus lebih dari 300 tahun yang lalu tetapi masih aktif dan kadang-kadang melewati periode aktivitas yang dapat menghasilkan beberapa ratus getaran dalam sebulan.

Sebuah panel pemerintah Jepang mengatakan tahun lalu, setiap letusan besar akan menghujani begitu banyak abu di Tokyo sehingga jaringan transportasi kereta api dan jalan raya akan lumpuh dalam tiga jam.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan tidak ada data yang menunjukkan peningkatan kemungkinan Gunung Fuji meletus. "Kami tidak melihat adanya kelainan khusus dalam data pengamatan mengenai Gunung Fuji," kata seorang pejabat badan tersebut pada konferensi pers. 

"Mungkin tidak ada hubungan apapun (antara gempa dan kemungkinan letusan)," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])