Ummi Fisabilillah Raih Norma Grand Master Wanita Kedua di Barcelona

Nusantaratv.com - 23/12/2021 21:21

Ummi Fisabilillah/ist
Ummi Fisabilillah/ist

Penulis: Ramses Manurung

Barcelona, Nusantaratv.com-Di penghujung tahun 2021, para pecatur muda Indonesia memberikan kado istimewa lewat prestasi sensasional. 

Selain MI Gilbert Elroy Tarigan, pecatur putri berbakat Ummi Fisabilillah juga berhasil meraih norma Grand Master Wanita (GMW) keduanya di turnamen catur internasional VIII Sunway Sitges International Chess Festival di Barcelona, Spanyol, Kamis (23/12/2021).

Ummi Fisabilillah yang kini bergelar Master Internasional Wanita (MIW) sukses mendulang 5,5 poin dengan rating performance 2412. Pecatur putri berusia 21 tahun ini dengan elo rating 2159 ini bertemu dengan 1 pecatur bergelar Grand Master, 4 Master Internasional, 1 GMW, 1 Fide Master dan 2 pecatur non-gelar. Ia mencetak 4 kemenangan, 3 kali remis dan 2 kali kalah. 

Ini merupakan GMW kedua bagi Ummi setelah merebut norma GMW pertamanya pada 2019 ketika menjuarai Eastern Asian Junior di Filipina. Selain berhasil meraih norma GMW keduanya, Ummi juga mendapat tambahan rating sebanyak 59 poin.

Baca juga: MI Gilbert Elroy Tarigan Raih Norma Pertama GM pada Turnamen Catur di Barcelona

Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya mengaku senang dan bangga atas sukses MI Gilbert Elroy Tarigan meraih norma GM pertama dan MIW Ummi Fisabilillah meraih norma GMW kedua. 

"Ini sukses ganda buat Indonesia," kata Eka Putra Wirya.

Dengan keberhasilannya meraih norma GMW kedua maka praktis tinggal selangkah lagi perjuangan Ummi Fisabilillah untuk merampungkan normanya dan resmi menyandang gelar GMW. 

Jika berjalan sesuai rencana nantinya Ummi Fisabilillah akan menjadi GMW ketiga Indonesia setelah GMW Irene Kharisma Sukandar dan GMW Medina Warda Aulia. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in