Turki Bebaskan Pasangan Asal Israel yang Ditahan dengan Tuduhan Spionase

Nusantaratv.com - 18 November 2021

Istana Presiden Turki Rcep Tayyip Erdogan. (Istimewa)
Istana Presiden Turki Rcep Tayyip Erdogan. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Turki akhirnya membebaskan pasangan asal Israel, Mordi dan Natali Oknin, yang dituduh telah melakukan spionase atau mata-mata.

Mereka ditangkap usai diduga mengambil foto Istana Kepresidenan Recep Tayyip Erdogan di Istanbul, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (18/11/2021). Perdana Menteri Israel Naftali Bennett membantah tuduhan mata-mata terhadap pasangan itu.

Disebutkannya, jika pasangan itu tidak bekerja untuk agen Israel mana pun. Pemerintahnya mengirim utusan senior ke Turki untuk membantu pembebasan mereka.

"Setelah upaya bersama dengan Turki, Mordi dan Natali Oknin dibebaskan dari penjara dan sedang dalam perjalanan pulang ke Israel," kata Bennett dan Menteri Luar Negeri Yair Lapid dalam pernyataan bersama.

"Kami berterima kasih kepada Presiden Turki dan pemerintahnya atas kerja sama mereka dan berharap dapat menyambut pasangan itu kembali ke rumah," lanjut mereka.

Pengadilan Turki menangkap pasangan Israel pada 12 November atas tuduhan spionase karena mengambil foto kediaman Presiden Tayyip Erdogan dari sebuah restoran di Camlica Tower, Uskudar, Istanbul, Turki, lapor kantor berita Turki, Anadolu.

Anadolu mengatakan seorang karyawan memberi tahu polisi setelah melihat pasangan itu mengambil gambar kediaman Presiden Tayyip Erdogan dari restoran di Camlica Tower itu. Dilaporkan juga seorang warga negara Turki, yang bersama pasangan itu, juga ditangkap atas tuduhan spionase politik dan militer.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])