Tumbuh Liar, Ternyata Tumbuhan Anting-anting Miliki Banyak Manfaat Kesehatan

Nusantaratv.com - 11 Oktober 2021

Tumbuhan Anting-anting (youtube.com)
Tumbuhan Anting-anting (youtube.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pernah dengar tanaman anting-anting? Tanaman ini tidak dibudidayakan dan tumbuh liar diantara semak-semak, sehingga wajar kalau banyak orang tidak mengenal tanaman anting-anting. 

Tanaman yang tidak begitu dikenal ini ternyata memiliki khasiat yang banyak dan sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Tanaman yang memiliki nama latin Acalypha Australis Linn ini masuk dalam keluarga Euuphobiaceae. Di Indonesia tumbuhan ini dikenal dengan nama anting-anting, sedangkan di China tumbuhan ini disebut dengan nama Tie Xian.

Daun tumbuhan ini banyak mengandung manfaat dan khasiat, nutrisi yang berada pada daun anting-anting ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Kandungan nutrisi dari daun anting-anting ini dipercaya menghasilkan efek farmakologis seperti antibiotik, peluruh seni dan menghentikan pendarahan yang terjadi di dalam tubuh.

Ada beberapa manfaat dari daun anting-anting yang dapat digunakan sebagai alternatif obat herbal. Kini masyarakat banyak mengonsumsi obat herbal yang dipercaya tidak memiliki efek samping seperti pada obat kimia. Lalu apa saja manfaat dari daun anting-anting ini? Dikutip dari manfaat co.id, berikut beberapa manfaat dari daun anting-anting.

1. Mengobati berak darah, batuk dan mimisan

Saat buang air besar diiringi dengan keluarnya darah, hal ini tidak boleh disepelekan, karena bisa jadi hal ini menjadi petunjuk adanya penyakit yang lebih serius di dalam organ pencernaan. Begitu juga dengan batuk yang tak kunjung berhenti tentu akan sangat mengganggu. Selain itu, jika Anda mengalami mimisan sebaiknya jangan disepelekan begitu saja, karena mimisan menjadi petunjuk adanya peradangan pada pembuluh darah yang menyebabkan pendarahan melalui hidung.

Ketiga penyakit tersebut dapat diobati dengan menggunakan daun anting-anting. Caranya, siapkan 30 hingga 60 gram daun anting-anting yang telah kering. Lalu direbus dengan 4 gelas air dan sisakan jadi 2 gelas saja. Tunggu hingga dingin, lalu saring dan minumlah air rebusan daun anting ini secara rutin 2 kali sehari. Lakukan terus hingga penyakit yang dialaminya sembuh.

2. Mengobati penyakit Disentri.

Jika Anda mengalami disentri, coba cari daun anting-anting dan rebus seperti untuk mengobati penyakit berak darah, batuk dan mimisan. Namun untuk disentri minumlah ramuan ini secara rutin selama 5 hingga 10 hari.

Jika setelah 10 hari disentri tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnose yang tepat karena bisa jadi yang Anda alami bukan disentri melainkan gejala dari penyakit lain yang lebih parah.

3 Mengatasi luka bakar

Daun anting-anting juga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar. Saat Anda mengalami luka bakar, coba cari daun anting-anting lalu tumbuk hingga halus. Selanjutnya oleskan tumbukan daun anting-anting yang telah halus ini pada luka bakar tersebut. Ulangi hingga luka bakar tersebut kering dan sembuh.

4. Mengobati penyakit kulit

Daun anting-anting juga mengandung zat antiseptic yang dapat membasmi bakteri. Karena itu daun anting-anting juga dapat mengobati penyakit kulit seperti gatal dan kudis. Caranya, tumbuk daun anting-anting hingga halus lalu oleskan pada bagian tubuh yang luka dan gatal.

5. Mengobati penyakit diare dan muntah darah

Saat kita mengalami Diare, biasanya cairan tubuh akan banyak terkuras keluar. Lebih berbahaya lagi kalau sampai muntah darah, karena hal ini menunjukkan terjadi pendarahan di dalam tubuh Anda. Jika mengalami hal seperti ini, sebaiknya segera siapkan daun anting-anting satu genggam dan rebuslah dengan 2 gelas air.

Tunggulah rebusan tersebut hingga menjadi 1 gelas saja dan kemudian dinginkan, setelah siap saring dan minumlah ramua tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari ½ gelas. Jika tidak suka dengan rasanya bisa ditambahkan gula jawa dan daun salam atau daun sereh, sehingga rasanya yang lebih enak dan aromanya lebih segar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])