Timnas Diisi Skuad Muda, Menpora Optimis Indonesia Raih Prestasi di SEA Games 2022

Nusantaratv.com - 27 Desember 2021

Menpora Zainudin Amali sebut gelaran AFF 2020 jadi ajang persiapan timnas ke SEA Games 2022. (Rayki/kemenpora.go.id)
Menpora Zainudin Amali sebut gelaran AFF 2020 jadi ajang persiapan timnas ke SEA Games 2022. (Rayki/kemenpora.go.id)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Skuad tim nasional (timnas) yang berlaga di Piala AFF 2020 awalnya diproyeksikan untuk mengikuti ajang FIFA World Cup U-20/2021 di mana Indonesia menjadi tuan rumah dan SEA Games 2020 di Vietnam.

Hal itu dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, usai menjadi narasumber dalam acara Refleksi Akhir Tahun 2021 TVRI, Minggu (26/12/2021) malam.

Namun, akibat pandemi Covid-19 mewabah di seluruh dunia, membuat dua event olahraga itu ditunda. FIFA World Cup U-20 ditunda hingga 2023 dan SEA Games ditunda pada 2022. 

Dengan demikian, skuad tim nasional saat ini usia rata-ratanya lebih muda dari skuad tim lain yang berlaga di ajang AFF 2020. Dengan umur yang masih muda, menurut Menpora Amali, gelaran AFF 2020 ini menjadi ajang untuk persiapan skuad Garuda menuju multi event SEA Games 2022. 

"Timnas ini kita persiapkan untuk SEA Games. Sehingga mereka sudah mendapatkan pengalaman terlebih dahulu bertemu dengan negara-negara di Asia Tenggara karena SEA Games ada batas maksimal usia. Tentu negara lain belum tentu semua timnya akan turun karena rata-rata pemain senior," ujar Menpora Amali, di Jakarta, Minggu (26/12/2021).

Dia mengaku optimistis pada gelaran SEA Games 2022 di Vietnam cabang sepak bola akan meraih prestasi. Terlebih, kata Menpora Amali,  saat ini tim Indonesia sudah lolos ke babak Final dan akan menghadapi Thailand. Meskipun awalnya diremehkan oleh negara-negara lain. 

"Awalnya timnas ini diremehkan oleh beberapa negara, diremehkan bahwa ini anak-anak muda, Indonesia turun dengan tim yang masih muda, tentu belum punya pengalaman tapi semangat mereka luar biasa. Dan jangan lupa tangan coach Shin Tae-yong," ucapnya. 

Menpora Amali berharap tim nasional Indonesia tetap semangat dalam meraih kemenangan pada laga final di Piala AFF nanti untuk membuktikan jika skuad muda bisa meraih juara.

"Anak-anak harus semangat dan membuktikan kita akan bisa menjawab semua keraguan orang termasuk harapan dari publik dalam negeri," ungkapnya. 

Diketahui, Evan Dimas Cs melaju ke final Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 pada leg kedua. Pada leg pertama Indonesia dan Singapura hanya bermain imbang dengan skor 1-1. 

Indonesia akan menghadapi Thailand pada final Piala AFF 2020, usai Thailand mengalahkan Vietnam pada leg pertama dengan skor 2-0. Sementara pada leg kedua, kedua tim hanya bermain imbang tanpa gol. 

Laga final Indonesia vs Thailand akan dilangsung dua leg. Leg pertama berlangsung pada Rabu (29/12/2021) pukul 19.30 WIB, dan leg kedua dihelat pada Sabtu (1/1/2022) pukul 19.30 WIB.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])