TikTok Dapat Melacak Penggunanya Bahkan Jika Kita Tidak Memiliki Aplikasinya

Nusantaratv.com - 05/10/2022 14:50

Ilustrasi menggunakan Tiktok / socialpilot
Ilustrasi menggunakan Tiktok / socialpilot

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - TikTok dilaporkan dapat melacak penggunanya bahkan jika mereka bukan pengguna reguler aplikasi tersebut.

Taktik pengumpulan data serupa digunakan oleh raksasa teknologi besar seperti Alphabet (perusahaan induk Google) dan Meta (perusahaan induk Facebook dan Instagram), menurut data yang dikumpulkan oleh Consumer Reports, sebuah organisasi nirlaba.

Jika Anda pikir Anda telah menghindari cengkeraman TikTok dengan tidak menggunakan aplikasi super adiktif  maka pikirkan lagi .

Bagaimana TikTok mendapatkan begitu banyak info tentang Anda

Menurut laporan itu, TikTok dapat menerima banyak informasi tentang pengguna, termasuk alamat IP, kebiasaan menjelajah web, dan riwayat pencarian. Tetapi pengaturan tertentu dapat digunakan untuk mengesampingkan berapa banyak data yang sebenarnya mungkin dibagikan.

 “Saya benar-benar terkejut bahwa pelacak TikTok sudah tersebar luas,” kata Patrick Jackson, chief technology officer dari perusahaan keamanan Disconnect.

Jackson terlibat dalam penelitian ini.  “Satu-satunya alasannya adalah karena ini adalah operasi rahasia. Beberapa orang mungkin tidak peduli, tetapi orang harus punya pilihan," tambah Jackson.

TikTok mengatakan kepada Consumer Reports bahwa data tidak digunakan untuk mengelompokkan individu ke dalam kategori minat tertentu untuk ditargetkan pengiklan lain. Selain itu, tampaknya TikTok hanya menggunakan data orang tanpa akun untuk apa yang disebut laporan agregat.

“Seperti platform lain, data yang kami terima dari pengiklan digunakan untuk meningkatkan efektivitas layanan periklanan kami,” tambah juru bicara tersebut.

Baru-baru ini, TikTok menyalip Google untuk menjadi aplikasi media sosial paling populer di dunia, mendobrak Gen Z dan generasi muda.

Contoh lain dari data yang dilaporkan dibagikan dengan TikTok termasuk informasi yang mungkin dilacak oleh berbagai situs web tentang kekerasan dalam rumah tangga, pengendalian kelahiran, dan bahkan diet.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in