TikTok Bantu Selamatkan Gadis Ini dari Cengkeraman Kakek 61 Tahun, Kok Bisa?

Nusantaratv.com - 07 November 2021

Isyarat tangan di TikTok untuk menandakan dalam bahaya. (UPI)
Isyarat tangan di TikTok untuk menandakan dalam bahaya. (UPI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Aplikasi berbagi video pendek, TikTok berhasil menyelamatkan hidup seorang gadis berusia 16 tahun dari cengkaraman tindak kriminalitas pria berusia 61 tahun. 

Korban dilaporkan hilang oleh orang tuanya di Asheville, North Carolina pada Selasa (2/11/2021). Dia ditemukan setelah menggunakan gerakan tangan yang dipelajarinya di TikTok, seperti dikutip dari UPI, Minggu (7/11/2021).

Isyarat tangan itu menujukkan jika dirinya berada dalam masalah. Dan, seseorang yang mengemudi di belakang mobil gadis itu mengenali isyarat tangan tersebut, sehingga segera memberi tahu polisi.

Kantor Sheriff Laurel County Kentucky, Amerika Serikat (AS) mengatakan, mereka menerima informasi pada Kamis (4/11/2021) di mana seorang penumpang wanita di mobil Toyota membuat gerakan yang mewakili kekerasan di rumah dan meminta bantuan. Pelaku, James Herbert Brick yang berusia 61 tahun itu akhirnya ditangkap karena dituduh mengurung gadis tersebut.

Remaja itu duduk di kursi belakang mobil milik Brick dari Cherokee, North Carolina. Polisi memancing mobil pelaku keluar dari jalan tol. Selain menemukan gadis yang dilaporkan hilang, polisi juga menemukan ponsel Brick berisi gambar seksual seorang remaja.

Korban mengatakan kepada polisi jika dirinya telah bepergian dengan Brick melintasi North Carolina, Tennessee, Kentucky, dan Ohio. Sementara polisi tidak mengungkapkan dengan tepat sinyal tangan mana yang digunakan oleh remaja tersebut untuk menarik perhatian orang yang mengemudi di belakangnya. 

Yayasan Wanita Kanada (Canadian Women's Foundation) mengatakan terdapat sinyal internasional dan universal untuk bantuan dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga atau kesusahan lainnya. 

Sinyal ini dapat dibuat dengan satu tangan, yakni hadapkan telapak tangan ke depan dan dengan ibu jari dimasukkan ke dalam, lalu tutup jari lainnya di atas ibu jari untuk 'menjebak'. Isyarat tangan tersebut tidak meminta seseorang untuk segera menelepon polisi, namun menandakan pesan 'hubungi saya dengan aman'.

Brick kemudian didakwa melakukan penyekapan secara tidak sah dan kepemilikan ponsel berisi gambar seksual seorang remaja. Dia ditahan di lembaga pemasyarakatan Laurel County Kentucky, AS.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])