Tesla Recall Hampir 3 Ribu Model 3 dan Model Y, Gegara Apa?

Nusantaratv.com - 30 Oktober 2021

Tesla Model 3 2020. (Istimewa)
Tesla Model 3 2020. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla Inc., melakukan penarikan kembali (recall) terhadap 2.822 unit kendaraan Model 3 dan Model Y.

Recall merupakan kewajiban produsen mobil kepada konsumennya guna memperbaiki produk yang sudah dijual demi meningkatkan keselamatan pengguna. Penarikan kali ini terkait adanya masalah pada suspensi depan kendaraan tersebut.

Kendaraan yang terdampak adalah Tesla Model 3 dan Model Y yang diproduksi pada 2020-2021, seperti dikutip dari Carscoops, Sabtu (30/10/2021).

Masalah yang muncul yakni dua pengencang yang memasang tautan lateral suspensi depan ke subframe pada kendaraan. Investigasi menemukan pengencang pada beberapa kendaraan dapat mengendur seiring waktu sebagai akibat tidak dipasang dengan spesifikasi yang benar.

Jika kondisinya longgar atau terpisah dari subframe, membuat tautan lateral juga terlepas dari subframe, penyelarasan roda dapat bergeser dan menyebabkan ketidakstabilan, menurut dokumen NHTSA (Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional) Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Tesla Buka Pusat Penelitian dan Pengembangan Baru di China

Kondisi tersebut bisa berdampak buruk pada kontrol kendaraan dan meningkatkan risiko tabrakan. Selain itu, dokumen tersebut juga menunjukkan pengikat yang longgar dapat menyebabkan suara tidak normal yang dapat menandai adanya ketidakberesan. 

Tesla bakal memeriksa seluruh kendaraan yang terdampak untuk spesifikasi torsi yang tepat pada kedua pengencang yang menempelkan tautan lateral ke subframe. Layanan perbaikan akan melakukan torsi ulang pada spesifikasi yang benar.

Jika kerusakan pada kendaraan disebabkan oleh cacat tersebut, maka akan dilakukan penggantian komponen yang rusak tersebut. Dalam upaya untuk mencegah masalah muncul di kendaraan masa depan, Tesla telah menambahkan alat multi-spindle, yang mengencangkan kedua pengencang ke subframe secara bersamaan, ke jalur perakitan.

Gerai Tesla telah diberitahu mengenai masalah ini dan surat pemberitahuan sedang dikirimkan kepada pemilik kendaraan. Dan, setiap perbaikan yang terkait dengan penarikan tersebut akan dilakukan secara gratis.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])