Tesla Diposisi Kedua di Pasar Kendaraan Listrik Global, BYD Auto Pertama

Nusantaratv.com - 03 Desember 2022

Produsen mobil listrik BYD Auto berdiri tegak di atas pesaing di China d
Produsen mobil listrik BYD Auto berdiri tegak di atas pesaing di China d

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pangsa pasar kendaraan listrik terus meningkat. Berdasarkan penelitian terbaru dari Pelacak Industri Counterpoint Research, penjualan kendaraan listrik penumpang global tumbuh 71 persen dari tahun ke tahun di kuartal ketiga (Q3) 2022.

Karena itu, persaingan semakin ketat setiap hari. Bahkan Tesla sebagai pelopor mobil listrik saat ini berada di posisi kedua di pasar kendaraan listrik global. Dikutip dari Gizmochina, Sabtu (3/12/2022), China tetap menjadi pemimpin pasar dalam hal penjualan kendaraan listrik (electric vehicle/EV), diikuti Eropa dan Amerika Serikat (AS). 

Penjualan kendaraan listrik negara itu meningkat lebih dari 100 persen hingga melebihi 1,7 juta unit dari hanya 0,88 juta unit pada kuartal ketiga 2021. BYD Auto terus memimpin pasar kendaraan listrik global selama kuartal tersebut. Produsen mobil Cina itu juga berhasil memperlebar jaraknya dengan Tesla yang berada di posisi kedua. 

BYD Auto mengirimkan lebih dari 537.000 unit kendaraan listrik, meningkat 197 persen secara tahunan (year on year/YoY). Tiga model teratasnya yakni BYD Song, BYD Qin dan BYD Han berkontribusi lebih dari 56 persen penjualan perusahaan selama kuartal tersebut.

Sementara penjualan global Tesla tumbuh 43 persen secara tahunan di kuartal ketiga 2022 menjadi lebih dari 343.000 unit. Perusahaan melihat peningkatan permintaan untuk kendaraannya di Eropa pada kuartal ini. 

Jalan produksi yang mulus di pabrik Berlin membantu menghasilkan rekor jumlah Tesla Model Y di Jerman pada kuartal ini. Namun, pengiriman jauh dari harapan karena hambatan logistik. Sedangkan merek China lainnya, Wuling, yang tumbuh sebesar 31 persen secara tahunan menduduki peringkat ketiga di pasar kendaraan listrik global. 

Penjualan kendaraan listrik asal Jerman, Volkswagen meningkat sebesar 28 persen secara tahunan untuk pulih dari penurunan di kuartal kedua perusahaan. Seri ID.4, ID.3 dan ID.6 memiliki model Volkswagen terlaris selama kuartal tersebut. 

Perusahaan menunjukkan hasil yang mengesankan di China dengan penjualan kendaraan listrik tumbuh 79 persen secara tahunan dan 35 persen secara kuartalan (quarter on quarter/QoQ).

Berikut 10 model mobil listrik teratas yang menyumbang lebih dari 35 persen penjualan kendaraan listrik global pada kuartal ketiga 2022: 

1. Tesla Model Y: 7,57 persen
2. Wuling Hongguang Mini EV: 4,56 persen
3. BYD Song: 4,55 persen
4. Tesla Model 3: 4,43 persen
5. BYD Qin: 3,62 persen
6. BYD Han: 2,96 persen
7. BYD Dolphin: 2,47 persen
8. BYD Yuan Plus: 2,16 persen
9. Volkswagen ID.4: 1,82 persen
10. BYD Tang: 1,41 persen
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])