Terungkap! Penyebab Kecelakaan Vanessa Bukan Cuma Gara-gara Jody Main HP

Nusantaratv.com - 10/11/2021 08:07

Instastory Tubagus Jody. (Net)
Instastory Tubagus Jody. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Faktor penyebab kecelakaan di jalan tol ada banyak dan secara umum kombinasi di antaranya yang menjadi pemicu. Faktor paling penting yang mesti ditanggapi serius adalah kesalahan manusia.

Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Iwan Puja Riyadi menjelaskan setidaknya ada empat faktor penyebab kecelakaan, yaitu pengemudi, kendaraan, lingkungan, dan cuaca.

"Kecelakaan yang terjadi pada umumnya tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, melainkan hasil interaksi antarfaktor," ujar Iwan, Senin (8/11/2021).

Faktor pengemudi misalnya kondisi mengantuk, tidak fokus, kelelahan, dipengaruhi obat-obatan, narkotika, atau alkohol, serta menyetir sambil mengoperasikan ponsel.

Bukan cuma itu, Iwan juga menyoroti kemampuan pengemudi menguasai teknik menyetir untuk menyelamatkan diri ketika terjadi potensi kecelakaan. lalu kata dia ada pula kesalahan reaksi pengemudi misalnya panik atau respon terlalu lambat.
           
Menurut Iwan, pengemudi yang berkendara di jalan tol wajib mampu mengontrol kecepatan. Dia mengatakan demikian karena banyak kecelakaan disebabkan laju mobil melebihi batas kecepatan yang diizinkan.

"Batasan tersebut tentunya sudah diperhitungkan agar aman saat dilintasi kendaraan. Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan dan bukan jalan di mana pengemudi dengan bebas memacu kecepatan," kata Iwan, dikutip dari Antara. 

Pengemudi seharusnya bijak menentukan kecepatan kendaraan di jalan tol sesuai aturan dan lajur yang dipilih. Lalu pengemudi juga dikatakan harus bisa mengatur jarak aman dengan kendaraan lain untuk antisipasi waktu menghindar jika terjadi risiko bahaya.

Iwan juga mengingatkan bahu jalan bukan untuk tempat berhenti atau istirahat. Bahu jalan disebut tidak seharusnya jadi lokasi menepi apabila situasinya tidak darurat.

Faktor kendaraan penyebab kecelakaan yang disinggung Iwan yakni misalnya kondisi perangkat seperti mesin, rem, lampu, ban serta muatan. Sementara faktor lingkungan dikatakan seperti desain jalan, median, gradien, alinyemen, jenis permukaan, serta marka, rambu, dan lampu lalu lintas.

Sedangkan faktor cuaca yang wajib diperhatikan misalnya hujan, kabut, atau asap.

"Konsep desain jalan berkeselamatan adalah bahwa seluruh sistem lalu lintas jalan disesuaikan dengan keterbatasan atau kemampuan manusia sebagai pengguna jalan, tujuannya untuk mencegah terjadinya tabrakan yang melibatkan elemen infrastruktur jalan," kata Iwan.

Iwan mengingatkan penyebab utama kecelakaan adalah manusia. Kata dia memperbaiki perilaku manusia sangat penting yang bisa dimulai dari pendidikan di sekolah, melalui imbauan, atau juga pelatihan.

"Ujian keterampilan harus dilakukan di lapangan dan mengerti arti dari rambu-rambu lalu lintas. Surat Izin mengemudi (SIM) hanya diberikan kepada orang yang benar-benar mampu dan terampil serta santun dalam mengendarai kendaraan, umur sesuai dengan ketentuan, dan kesehatan yang prima," tutur Iwan.

Diketahui, kecelakaan di jalan tol menimpa mobil yang ditumpangi artis Vanessa Angel. Akibatnya, ia dan suami meninggal dunia, sementara tiga orang luka-luka. 

Pengemudi mobil Pajero tersebut dinilai publik sebagai pihak yang paling bertanggung jawab. Sebab, sopir bernama Tubagus Jody itu sempat terpergok mengemudi dengan kecepatan tinggi, dan bermain ponsel. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in