Teknologi Mobil Terbang Eropa Dijual ke China

Nusantaratv.com - 28 Maret 2024

China kini secara aktif mengembangkan solusi transportasi mobil terbang. (Foto: Tangkapan layar video BBC))
China kini secara aktif mengembangkan solusi transportasi mobil terbang. (Foto: Tangkapan layar video BBC))

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Teknologi di balik mobil terbang, yang semula dikembangkan dan berhasil diuji terbang di Eropa, telah dibeli oleh sebuah perusahaan China.

Ditenagai mesin BMW dan bahan bakar normal, AirCar terbang selama 35 menit antara dua bandara di Slovakia pada 2021, menggunakan landasan pacu untuk lepas landas dan mendarat.

Hanya butuh lebih dari dua menit untuk berubah dari mobil menjadi pesawat terbang. Kini kendaraan yang dibuat berdasarkan desainnya akan digunakan dalam "wilayah geografis tertentu" di China.

Dilansir dari BBC, Rabu (28/3/2024), perusahaan Teknologi Mobil Terbang Hebei Jianxin, yang berkantor pusat di Cangzhou, telah membeli hak eksklusif untuk memproduksi dan menggunakan pesawat AirCar di dalam area yang dirahasiakan.

Perusahaan tersebut telah membangun bandara dan sekolah penerbangannya sendiri setelah akuisisi sebelumnya dari produsen pesawat Slovakia lainnya, kata Anton Zajac, salah satu pendiri KleinVision, perusahaan yang menciptakan AirCar.

Setelah memimpin pengembangan revolusi kendaraan listrik, China kini secara aktif mengembangkan solusi transportasi udara berupa mobil terbang.

Bulan lalu sebuah perusahaan bernama Autoflight melakukan uji terbang drone pengangkut penumpang antara kota Shenzhen dan Zhuhai. Perjalanan yang memakan waktu tiga jam dengan mobil itu berakhir dalam waktu 20 menit, kata Zajac, meskipun pesawat tersebut tidak memuat penumpang.

Dan pada 2023, perusahaan China eHang dianugerahi sertifikat keselamatan oleh pejabat Negeri Tirai Bambu tersebut untuk taksi terbang listrik. Terkait hal ini, pemerintah Inggris mengatakan taksi terbang bisa menjadi fitur reguler di angkasa pada 2028.

Namun berbeda dengan pesawat penumpang mirip drone, AirCar tidak lepas landas dan mendarat secara vertikal, sehingga memerlukan landasan pacu. KleinVision menolak menyebutkan berapa harga penjualan teknologi tersebut.

AirCar dikeluarkan dengan sertifikat kelaikan udara oleh Otoritas Transportasi Slovakia pada 2022 dan ditampilkan dalam video yang diterbitkan oleh YouTuber MrBeast awal tahun ini.

Masih terdapat banyak kendala dalam bentuk transportasi terbang dalam hal infrastruktur, peraturan dan penerimaan masyarakat terhadap teknologi tersebut. "Dunia transportasi pribadi baru yang berani ini bertindak sebagai penyeimbang yang hebat," kata konsultan penerbangan Steve Wright.

Upaya global untuk mengatur sektor ini membuat semua orang kesulitan memikirkan serangkaian pertanyaan baru yang perlu ditanyakan. "Dalam hal ini, sejarah negara-negara Barat terkadang bisa memperlambat segalanya, karena ada sedikit godaan untuk mencoba memasukkan mesin-mesin baru ini ke dalam kategori yang lama," tambahnya. 

"China bisa melihat ini sebagai peluang untuk maju," jelas Wright. 

Kekhawatiran serupa juga pernah terjadi pada mobil listrik, di mana China telah menjadi pemimpin pasar global. Penjualan Slovakia AirCar dapat menimbulkan pertanyaan apakah China siap melakukan hal yang sama dengan mobil terbang.

Wright mengatakan meskipun prototipe seperti AirCar "sangat menyenangkan", namun pada kenyataannya mungkin akan menjadi lebih biasa "dengan antrian, pemeriksaan bagasi dan yang lainnya".

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])