Tahun Depan, Rusia Siap Produksi Massal Helikopter Angkut Jumbo Mi-26T2V

Nusantaratv.com - 23 November 2021

Helikopter angkut jumbo Mi-26T2V. (TASS)
Helikopter angkut jumbo Mi-26T2V. (TASS)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - CEO Produsen Helikopter Rusia (bagian dari perusahaan teknologi negara Rostec) Andrei Boginsky mengatakan izin untuk produksi massal helikopter angkut jumbo Mi-26T2V akan diperoleh pada akhir tahun ini.

Ini menjadikannya sebagai helikopter militer terberat di dunia, seperti dikutip dari media online Rusia, TASS, Selasa (23/11/2021).

"Kami saat ini berada pada tahap akhir untuk mendapatkan penunjukan O1 untuk konfigurasi dasar helikopter dan ada beberapa penerbangan yang tersisa untuk menyelesaikan tes penerbangan Mi-26T2V," ujar Andrei.

"Kami berharap untuk melakukan penerbangan ini pada akhir tahun dan mendapatkan Kode O1. Kami telah mengirimkan batch pertama helikopter Mi-26T2V ke pasukan Rusia," lanjutnya.

Helikopter Mi-26T2V menyelesaikan penerbangan perdananya pada 19 Agustus 2018. Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko mengatakan pada Maret 2019 jika kementerian akan membeli 10 helikopter ini.

Mi-26T2V adalah helikopter angkut militer berbadan besar dengan muatan hingga 20 ton. Mi-26T2V dilengkapi avionika modern NPK90-2V yang memungkinkan heli ini dapat beroperasi pada siang maupun malam hari. 

Helikopter juga dapat diterbangkan dalam mode otomatis menuju titik tujuan, mendekati landasan, dan melakukan pendaratan serta kembali ke tempat semula atau mengalihkan pendaratan ke bandara alternatif.

Helikopter yang diawaki lima kru ini juga dilengkapi perangkat perlindungan untuk menghindar dari serangan rudal musuh. Mi-26T2V dirancang dapat beroperasi pada segala macam iklim.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])