SwissCham Rayakan 70 Tahun Hubungan Swiss-RI sebagai Mitra Pertumbuhan

Nusantaratv.com - 02 November 2021

(Kiri ke Kanan) Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih, Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon, Duta Besar Swiss untuk RI Kurt Kunz, Deputy Head of Mission Philippe Strub and Chairman of SwissCham Indonesia, Chris Bendl. (SwissCham)
(Kiri ke Kanan) Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih, Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon, Duta Besar Swiss untuk RI Kurt Kunz, Deputy Head of Mission Philippe Strub and Chairman of SwissCham Indonesia, Chris Bendl. (SwissCham)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Swiss dan Indonesia tengah melalui titik menarik dalam sejarah. Merayakan ulang tahun ke-70 pembentukan hubungan diplomatik, kedua negara bergerak maju sebagai mitra dalam kemajuan, ditandai dengan perdagangan bilateral yang semakin tinggi, dan diplomasi yang andal yang semakin meningkat.

Untuk menandakan semakin eratnya hubungan kedua negara, Swiss menempati peringkat pertama di antara lima besar dalam daftar investor terbesar di Indonesia untuk pertama kalinya tahun ini. Dengan total 118 proyek senilai $446,2 juta, investasi tersebut memberikan kontribusi sekitar 6,1% dari total investasi asing pada kuartal pertama tahun 2021 – peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan investasi tahun lalu sebesar $130,9 juta dari 554 proyek, yang mencakup berbagai industri, dengan bahan makanan dan industri makanan. Industri minuman menjadi penyumbang terbesar.

Mengingat hubungan perdagangan yang berkembang antara Swiss dan Indonesia, Kamar Dagang Swiss-Indonesia (SwissCham) bertekad untuk membina hubungan yang lebih dekat dengan komunitas bisnis dan pemerintah serta semua pemangku kepentingan berdasarkan rasa saling percaya dan menghormati di berbagai sektor.

SwissCham adalah asosiasi bisnis Swiss dan Indonesia yang bertujuan untuk memungkinkan perusahaan terhubung dan unggul di Indonesia dan Swiss. Perannya adalah untuk menyediakan akses ke platform jaringan dengan berbagai acara, layanan, dan manfaat untuk memfasilitasi bisnis dan individu untuk menemukan peluang bisnis dan menciptakan koneksi yang berharga.

Selain memperjuangkan bisnis Swiss di Indonesia, SwissCham juga berkomitmen untuk menjembatani kepentingan bilateral kedua negara. Maka pada Oktober 2020, organisasi meluncurkan kelompok sektoral SwissCham: Kemudahan Berbisnis; Keuangan, Kepabeanan dan Pajak; pengembangan sumber daya manusia; dan keberlanjutan dan inovasi untuk mendukung komitmen melalui berbagai kegiatan.

Hingga saat ini, kelompok sektoral telah melakukan serangkaian inisiatif yang terdiri dari 17 webinar publik dan diskusi publik, enam pertemuan advokasi dengan pejabat pemerintah Indonesia, serta program tanggung jawab sosial perusahaan.

Sementara itu, di bidang diplomatik, dan sebagai bagian dari strategi ekonomi Indonesia, kita telah melihat kemajuan nyata yang dicapai dalam Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan empat negara Eropa: Islandia, Liechtenstein, Norwegia dan Swiss yang telah berlangsung sejak 2010.

Perjanjian Kemitraan Ekonomi

Komprehensif ini merupakan bagian dari Indonesia-Europe Free Trade Association (EFTA) Comprehensive Economic Partnership Agreement (EFTA) yang disepakati pada tahun 2018. Perjanjian tersebut bertujuan untuk meningkatkan akses pasar dengan menghilangkan hambatan perdagangan di kedua belah pihak, dan membuka lebih banyak bisnis-ke-bisnis di berbagai sektor sekaligus memperkuat perlindungan hak kekayaan intelektual.

Dengan demikian, tahun 2021 sangat istimewa bagi hubungan bilateral Swiss dan Indonesia, mulai dari politik, budaya dan pendidikan hingga ekonomi. Tahun ini tidak hanya akan menandai dimulainya Perjanjian Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa pada 1 November 2021, tetapi tonggak sejarah ini juga bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Swiss dan Indonesia sejak 2 November. 1951.

Ambil Langkah Besar untuk Dukung Pasar RI

Swiss mengambil langkah besar untuk menunjukkan komitmennya dalam memberikan kemampuan terbaik untuk mendukung pasar Indonesia. Hal ini ditandai dengan kemitraan strategis antara komunitas bisnis Swiss dan Indonesia untuk mengembangkan potensi kerjasama berdasarkan kemampuan utama Swiss.

Untuk memajukan momentum, SwissCham Indonesia menawarkan pendekatan baru untuk mengatasi tantangan bisnis melalui advokasi, berbagi pengetahuan, dan kolaborasi dengan kelompok sektoralnya.

“Kami bermaksud menjadi platform terdepan untuk memanfaatkan inovasi dan keunggulan operasional bagi perusahaan Swiss untuk berkontribusi pada peningkatan ekonomi Indonesia. Saya sangat yakin bahwa melalui upaya bersama kami, tradisi panjang persahabatan, kerja sama, dan saling menghormati antara dua negara besar kami. negara akan semakin dalam,” kata Ketua SwissCham Chris Bendel, dikutip dari Jakarta Post, Selasa (2/11/2021). Lebih banyak lagi di tahun-tahun mendatang.

Bendel mencatat bahwa pada usia yang relatif muda, Kamar menjadi mata rantai bisnis yang tak ternilai dengan link Swiss dan pemerintah Swiss dan Indonesia.

“Selamat kami yang tulus atas peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara dua negara besar Swiss dan Indonesia, dan harapan terbaik untuk pengembangan lebih lanjut dari kerja sama multifaset kami saat ini untuk bergerak maju menuju hubungan yang lebih kuat di tahun-tahun mendatang.”

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])