Surya Wahyudi Gusur GM Susanto Megaranto dari Puncak Klasemen JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021

Nusantaratv.com - 07 Desember 2021

Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto (depan) diabadikan bersama para peserta turnamen khusus wartawan di sela-sela JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 JAPFA Rated /ist
Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto (depan) diabadikan bersama para peserta turnamen khusus wartawan di sela-sela JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 JAPFA Rated /ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Peta persaingan di JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 yang berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta, 4-8 Desember 2021 semakin memanas. 

Secara mengejutkan pada hari ketiga, Senin (6/12/2021), Surya Wahyudi berhasil mematahkan dominasi pecatur nomor wahid Indonesia Grand Master (GM) Susanto Megaranto dari puncak klasemen sementara turnamen berhadiah total Rp110.500.000. Meski sama-sama mengemas 5 poin (hasil 5 kali menang dari 5 kali main), namun Susanto harus turun ke urutan kedua lantaran kalah nilai Tie Break dari Surya Wahudi. Disusul Fide Master (FM) Catur Adi Sagita (2314) di urutan ketiga yang juga mengoleksi 5 poin. 

Ketiganya ditempel ketat oleh dua pecatur yaitu FM Hamdani Rudin (2308) dan Ahmad Fauzi (2113) yang sama-sama mengemas 4,5 poin di peringkat 4 dan 5. 

Surya yang memiliki elo rating 2199 sukses menempati urutan teratas klasemen sementara JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 setelah mengalahkan lawan-lawannya pada babak ke-4 dan ke-5 pada hari ketiga turnamen, Senin (6/12/2021). Pada babak ke-4 Surya menumbangkan Hadiyanoor 2108 kemudian pada babak ke-5 mengalahkan Dicky Aditya (1825). 

Hasil yang sama ditorehkan oleh GM Susanto Megaranto (2548) dengan mengalahkan Master Internasional (MI) Gilbert Elroy Tarigan (2149) pada babak ke-4 dan Dziththauly Ramadhan (2164) pada babak ke-5.

Besok, Selasa (7/12/2021) JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 kembali akan menggelar laga babak lanjutan yaitu pertandingan babak 6 (sesi pertandingan pagi) dan 7 (sesi pertandingan sore). Pada babak ke-6 Surya Wahyudi akan berhadapan dengan GM Susanto Megaranto. Pemenang dari laga ini dipastikan akan mengukuhkan dominasinya di puncak klasemen sementara. Namun jika laga berakhir remis atau draw, posisi puncak klasemen bisa direbut oleh Catur Adi Sagita.

Baca juga: GM Susanto Megaranto Belum Terkalahkan di JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 

Catur Adi Sagita akan berhadapan dengan seniornya FM Hamdani Rudin. 

Turnamen Catur Antar Wartawan

Menariknya, di sela-sela gelaran pertandingan JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 hari ketiga atau Senin (6/12/2021), PB Percasi dengan didukung PT Japfa Comfeed Indonesia menyelenggarakan turnamen khusus antar wartawan.

Turnamen diikuti sebanyak 16 wartawan yang rutin meliput kegiatan catur yang berasal dari berbagai media di Jakarta dan sekitarnya. Turnamen yang berlangsung sehari ini mempertandingkan catur kilat 5 menit. Selain hadiah uang bagi seluruh peserta (sesuai peringkat), panitia juga memberikan hadiah tambahan berupa papan dan jam catur untuk juara, runner up dan peringkat ketiga. 

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto didamping Ketua Pengprov Percasi Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran dalam sambutannya sebelum penyerahan hadiah mengatakan penyelenggaraan turnamen khusus antar wartawan ini merupakan wujud terimakasih dan apresiasi dari PB Percasi dan PT Japfa Comfeed Indonesia terhadap media dan wartawan yang sejak dulu selalu mendukung perkembangan catur Indonesia melalui pemberitaan. Utut menegaskan media dan wartawan memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan dan memajukan catur. 

"Tanpa pemberitaan yang ditulis oleh rekan-rekan wartawan, tidak akan banyak yang tahu perjuangan dan prestasi yang telah dicapai oleh para pecatur Indonesia," kata politisi dari PDI Perjuangan ini. 

JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 diikuti sebanyak 194 peserta dari 28 provinsi di seluruh Indonesia. Turnamen yang mempertandingkan catur klasik (standar) ini berlangsung selama 9 babak. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])