Supermoon Terakhir di 2022 Berlangsung 12 Agustus, Begini Cara Menyaksikannya

Nusantaratv.com - 11/08/2022 14:47

Supermoon terakhir di tahun 2022 berlangsung pada 12 Agustus. (Dag Sundberg via Getty Images)
Supermoon terakhir di tahun 2022 berlangsung pada 12 Agustus. (Dag Sundberg via Getty Images)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Supermoon atau bulan purnama terakhir di tahun 2022 akan berlangsung pada 12 Agustus. 

Fenomena alam yang menakjubkan itu bisa disaksikan pada Jumat (12/8/2022) dini hari. Dikutip dari Space.com, Kamis (11/8/2022), supermoon terakhir pada tahun ini tersebut bisa disaksikan secara online.

Jika cuaca memungkinkan, Proyek Teleskop Virtual akan memulai siaran langsungnya pada Jumat (12/8/2022) pukul 01:30 EDT atau pukul 00.30 WIB. Siaran langsung fenomena supermoon terakhir tahun ini bisa ditonton secara gratis di situs virtual telescope.

"Menyaksikan bulan purnama, terutama saat 'super', terbit atau terbenam di atas Roma adalah emosi yang unik," tulis pendiri proyek Teleskop Virtual, Gianluca Masi dalam pernyataannya.

"Satelit kami menggantung di atas cakrawala legendaris Kota Abadi, dengan monumen-monumennya yang megah, menambahkan keajaiban pengalaman mereka," lanjutnya.

Bulan purnama Agustus, yang dikenal sebagai Surgeon Moon, akan terjadi ketika bulan berada dalam 90 persen jarak terdekatnya ke Bumi. Menjadikannya 'supermoon' menurut Fred Espanak, seorang ahli gerhana dan pensiunan astrofisikawan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA).

Sebelumnya, tiga supermoon yang terjadi pada tahun ini berlangsung pada Mei, Juni dan Juli. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in