Sukses Tempuh 1.360 Km Hanya Sekali Isi Bahan Bakar, Toyota Mirai Cetak Rekor Dunia

Nusantaratv.com - 09 Oktober 2021

Toyota Mirai
Toyota Mirai

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Toyota Mirai sukses mencatatkan namanya di Guinness World Record untuk jarak terjauh yang ditempuh kendaraan listrik berbahan bakar hidrogen dengan hanya sekali pengisian di awal tur.

Kendaraan tersebut berhasil melakukan perjalanan 1.360 kilometer (km) di putaran California Selatan pada Agustus lalu. Michael Empric dari Guinness World Records siap memvalidasi tangki bahan bakar Mirai tidak dibuka sama sekali selama perjalanan yang berlangsung selama dua hari, yakni 23-24 Agustus.

Tangki tersebut hanya diisi sekali pada awal tur yang memakan waktu lima menit, menurut Toyota. Perjalanan dimulai di Toyota Technical Center di Gardena, California, dengan Wayne Gerdes di belakang kemudi dan co-pilot Bob Winger di kursi penumpang. Pada hari pertama, mereka bergerak 761 km ke selatan dari titik awal, yakni San Ysidro.

Kemudian, kembali ke utara melalui Santa Monica dan Malibu di sepanjang Coast Highway sebelum pulang ke Gardena. Pada hari kedua, mereka mengemudi melalui lalu lintas jam sibuk di jalan bebas hambatan San Diego antara Los Angeles dan Orange County. Mereka kembali ke Gardena setelah mengemudi sepanjang 598 km.

Baca Juga: Januari-September 2021, Penjualan Kendaraan Toyota Ungguli GM di AS

Setelah mengemudi selama dua hari, mereka berhasil mencapai peringkat efisiensi 152 MPGe. "Sebagai juri Guinness World Records selama 10 tahun, saya memiliki kesempatan untuk menyaksikan upaya luar biasa, termasuk beberapa prestasi yang berhubungan dengan jarak," kata Empric, seperti dikutip dari Carscoops, Sabtu (9/10/2021).

"Perjalanan Toyota Mirai tanpa perlu mengisi bahan bakar menampilkan kekuatan teknologi berbahan bakar listrik. Teknologi ini dan kecerdikan tim di Toyota telah membuat momen bersejarah," tambahnya.

Toyota Mirai mengonsumsi 5,65 km hidrogen dan tidak memancarkan CO2 secara langsung. Produsen mobil asal Jepang itu memperkirakan, sebuah mobil standar akan memancarkan sekitar 301 km CO2 pada jarak yang sama.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])