Studi: 87 Persen Risiko Kematian Akibat Kanker Paru-Paru Bisa Dihilangkan Jika Perokok Berhenti Sebelum Usia 45 Tahun

Nusantaratv.com - 26 Oktober 2021

Ilustrasi kanker paru-paru. (Net)
Ilustrasi kanker paru-paru. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Studi terbaru mengungkapkan perokok yang menghentikan kebiasaannya sebelum usia 45 tahun dapat menghilangkan risiko kematian akibat kanker paru-paru atau kanker lainnya.

Bisa dipastikan setelah perokok berhenti, risiko kanker terkait tembakau bisa turun secara substansial dari waktu ke waktu, seperti dikutip dari UPI, Selasa (26/10/2021).

Para peneliti mengatakan pentingnya untuk berhenti merokok sesegera mungkin. Di antara lebih dari 400.000 orang Amerika Serikat (AS) yang mereka ikuti, perokok meninggal karena kanker tiga kali lipat dibandingkan bukan perokok. Namun, perokok yang berhasil berhenti pada usia 45 tahun menurunkan risiko berlebih tersebut sebesar 87 persen.

Dan, jika mereka mengatasi kebiasaan itu pada usia 35, kelebihan risiko kematian akibat kanker bisa dihilangkan, kata Blake Thomson, seorang peneliti di American Cancer Society yang memimpin penelitian.

Dia menekankan tidak ada kata terlambat untuk berhenti. Perokok yang berhenti pada usia 50-an hingga awal 60-an juga secara substansial menurunkan risiko kematian akibat kanker yang berlebihan.

Tetapi temuan ini menggarisbawahi kekuatan menghentikan kebiasaan itu sedini mungkin. "Jika Anda seorang perokok berusia 30-an, mudah-mudahan temuan ini akan berbicara kepada Anda," kata Thomson.

Studi ini diterbitkan bulan ini di jurnal JAMA Oncology. Itu melihat data lebih dari 410.000 orang AS yang memasuki survei kesehatan federal yang berlangsung antara 1997 dan 2014.

Sekitar 10.000 peserta meninggal karena kanker selama masa studi. Dan rata-rata, perokok tiga kali lebih mungkin meninggal karena kanker, paling sering kanker paru-paru, dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok.

Namun, banyak tergantung pada usia-usia di mana perokok mulai dan berhenti. Semakin muda orang mulai merokok, semakin besar risiko mereka akhirnya meninggal akibat kanker. Di antara mereka yang memulai sebelum usia 18 tahun, risiko kematian akibat kanker meningkat setidaknya tiga kali lipat.

Ketika orang mulai merokok sebelum usia 10 tahun, risiko kematian akibat kanker meningkat empat kali lipat dibandingkan bukan perokok seumur hidup. Mungkin terdengar mengejutkan, kata Thomson, tetapi ada perokok yang ketagihan sejak dini.

Untuk orang-orang yang mengambil kebiasaan pada usia muda, "sangat penting bahwa mereka berhenti sesegera mungkin," tegas Thomson.

Itu karena secara keseluruhan, timnya memperkirakan, perokok yang berhenti sebelum usia 35 tahun menghapus kelebihan risiko kematian akibat kanker. Sementara itu, mereka yang berhenti sebelum usia 45 tahun mengurangi kelebihan risiko sebesar 87 persen.

Prospeknya juga bagus untuk perokok yang berhenti kemudian. Jika mereka berhasil melakukannya antara usia 45 tahun dan 54 tahun, risiko kelebihan mereka berkurang 78 persen, dan 56 persen jika mereka berhenti antara usia 55 tahun dan 64 tahun.

"Pesan yang dibawa pulang adalah bahwa tidak pernah terlalu dini dan tidak pernah terlambat untuk berhenti," imbuh Dr. David Tom Cooke, juru bicara sukarelawan untuk American Lung Association.

Dia mengatakan dokter harus membantu pasien menghentikan kebiasaan itu sedini mungkin, tetapi juga 'tidak pernah menyerah' untuk mencoba berhenti.

"Kadang-kadang seseorang harus berhenti beberapa kali untuk menghindari produk tembakau secara permanen," lanjut Cooke, yang juga profesor bedah toraks umum di University of California, Davis Health.

Secara umum, kata dia, perokok menjadi lebih baik ketika mereka mendapatkan bantuan dalam upayanya tersebut, baik dari dokter mereka atau melalui 'quitlines' pemerintah gratis yang beroperasi di setiap negara bagian. 

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, Cooke dan rekan-rekannya menemukan bahwa berpartisipasi dalam stop line gratis California meningkatkan tingkat berhenti merokok di antara perokok yang terlihat di klinik mereka.

Dukungan semacam itu, kata Thomson, dapat membantu orang memilah opsi untuk berhenti merokok. Ini termasuk dua obat resep dan produk pengganti nikotin yang dijual bebas, seperti gusi dan patch.

Merokok meningkatkan risiko berbagai kanker, Thomson mencatat, termasuk usus besar, ginjal, kandung kemih, perut dan kanker pankreas. Tapi kanker paru-paru adalah kanker pembunuh teratas di antara perokok.

Beberapa mantan perokok yang telah berhenti dalam 15 tahun terakhir masih memenuhi syarat untuk CT scan tahunan untuk menyaring kanker paru-paru, tergantung pada usia mereka dan seberapa banyak mereka merokok di masa lalu.

"Saya akan mendorong setiap perokok atau mantan perokok untuk berbicara dengan penyedia perawatan primer mereka dan mencari tahu apakah mereka memenuhi syarat untuk skrining kanker paru-paru," tukas Cooke.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])