Strategi Jitu Shin Tae-yong

Nusantaratv.com - 16 Mei 2022

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Tim U-23 Indonesia tampil perkasa saat melawan Myanmar pada laga terakhir Grup A SEA Games 2021. Pada laga yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Vietnam, Minggu (15/5), Garuda Muda menang skor 3-1.

Tiga gol kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Egy Maulana Vikri menit ke-6, Witan Sulaeman 10', dan Marselino Ferdinan 45+2'. Dengan ini Indonesia lolos ke babak semifinal.

Seusai laga, pelatih Shin Tae-yong mengakui menyiapkan taktik khusus untuk melawan Myanmar. Hal itu ia lakukan setelah menganalisis kekuatan sang lawan saat melawan Vietnam.

"Memang taktik lawan Filipina dan Myanmar berbeda. Myanmar memang oke dalam organisasi permainan, tetapi saya menerapkan taktik pressing yang baik. Taktik itu berjalan dengan baik sehingga kami mendapatkan kemenangan. Strategi yang saya terapkan itu tergantung lawan yang dihadapi," kata Shin Tae-yong.

Selain taktik, Shin Tae-yong juga sangat memperhatikan psikologis para pemain. Ia tak mau anak-anak asuhnya hanya terpaku untuk mengincar hasil imbang.

"Memang hari ini kami hanya butuh hasil seri lawan Myanmar untuk lolos sebagai peringkat kedua. Namun saya tegaskan kepada para pemain, pertandingan seperti ini malah akan sulit bagi kami. Saya minta para pemain untuk lebih bekerja keras. Para pemain pun mengikuti instruksi dengan baik dan layak mendapat pujian," jelas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Indonesia keluar sebagai runner up grup A SEA Games 2021, hal ini seusai Vietnam menang 2-0 atas Timor Leste pada laga terakhir grup A. Pada laga di Grup B, Malaysia dan Thailand sudah dipastikan lolos ke semifinal. Namun, kedua tim masih akan memperebutkan status sebagai juara Grup B dalam pertandingan besok, Senin (16/5).

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut gembira kemenangan ini. Ia pun tidak akan mempermasalahkan di babak semifinal bertemu Thailand atau Malaysia.

‘’Siapapun lawannya di semifinal harus dikalahkan. Kalau melihat grafik penampilan tim yang terus meningkat, saya yakin Indonesia bisa melaju ke final,’’ ujar Iriawan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])