Sstt...Tahun Depan, Dunia Diperkirakan Kekurangan 1-2 Miliar Alat Suntik Vaksin Covid-19

Nusantaratv.com - 10 November 2021

Ilustrasi. (Istimewa)
Ilustrasi. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (9/11/2021) memperingatkan, dunia diperkirakan kekurangan 1-2 miliar alat suntik vaksin Covid-19 pada 2022. 

Hal ini bisa berimbas pada imunisasi rutin dan mengurangi keamanan jarum suntik, seperti dikutip dari Reuters. Pakar WHO Lisa Hedman mengatakan otoritas-otoritas kesehatan nasional harus merencanakan kebutuhan mereka sejak awal demi menghindari 'penimbunan, panic buying serta situasi semacamnya' yang terlihat di awal pandemi dengan minimnya alat pelindung diri (APD).

"Kita bisa mengalami kelangkaan alat suntik vaksin secara global yang dapat memicu masalah serius seperti memperlambat upaya imunisasi juga kekhawatiran tentang keamanannya," kata Hedman dalam konferensi pers PBB.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, kelangkaan akan menyebabkan penundaan pada imunisasi rutin, terutama bagi anak-anak dan layanan kesehatan lainnya, yang juga dapat mendorong pemakaian ulang alat suntik dan jarum suntik, terutama di negara-negara miskin.

Ditambahkannya, sekitar 6,8 miliar dosis vaksin Covid-19 telah diberikan di seluruh dunia, hampir dua kali lipat dari imunisasi rutin, sementara total kapasitas produksi alat suntik imunisasi sekitar 6 miliar per tahun.

Itu artinya, jelas Hedman, dunia bakal menghadapi kekurangan hingga dua miliar alat suntik tahun depan, kecuali lebih banyak produsen dialihkan untuk memproduksi alat tersebut.

"Jika kita mengalihkan kapasitas dari satu jenis alat suntik ke jenis yang lain atau berupaya menambah kapasitas alat suntik khusus vaksin, maka itu membutuhkan waktu dan moda," tukas Hedman.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])