Sri Mulyani Dialog dengan Komisioner Uni Eropa di AS, Bahas Apa?

Nusantaratv.com - 18 April 2024

Sri Mulyani bertemu dan berdialog dengan Komisioner Uni Eropa untuk Urusan Ekonomi Paolo Gentiloni di Amerika Serikat/Foto: Dok. Instagram @smindrawati
Sri Mulyani bertemu dan berdialog dengan Komisioner Uni Eropa untuk Urusan Ekonomi Paolo Gentiloni di Amerika Serikat/Foto: Dok. Instagram @smindrawati

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati menghadiri International Monetary Fund (IMF) Spring Meetings di Washington, D.C. (District of Columbia), Amerika Serikat, pada Rabu (17/4/2024).

Di sela-sela kegiatan tersebut Sri Mulyani menyempatkan bertemu dan berdialog dengan Komisioner Uni Eropa untuk Urusan Ekonomi Paolo Gentiloni.

Sri Mulyani melalui akun Instagram resminya mengaku membahas banyak hal bersama Paolo. Menurut Menkeu pertemuan tersebut merupakan langkah awal dari perjalanan panjang hubungan antara Indonesia dengan Uni Eropa.

"Dialog kami menjadi tonggak sejarah penting dalam menjalin kolaborasi yang lebih dalam antara Indonesia dengan Uni Eropa. Kerja sama yang dilandaskan pada prinsip perdagangan terbuka dan kerja sama multilateral," ucap Sri Mulyani, dikutip Kamis (18/4/2024).

Dalam perbincangan itu Sri Mulyani menjelaskan kepada Paolo mengenai kondisi makroekonomi Indonesia yang tetap tumbuh stabil di tengah gonjang-ganjing perekonomian global.

Ia menyampaikan bahwa alat-alat fiskal juga berfungsi menjadi peredam guncangan sehingga Indonesia dapat terus menciptakan kestabilan kebijakan fiskal sehingga menciptakan kepercayaan yang tinggi terhadap perekonomian.

Tak lupa, Sri Mulyani pun menyampaikan apresiasi atas dukungan Uni Eropa terhadap Presidensi G20 Indonesia pada 2022, serta aksesi aksesi keanggotaan Indonesia pada The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).

"Dukungan yang diberikan sangatlah bermakna dan substansial bagi Indonesia," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menyampaikan terimakasih kepada Paolo yang sudah mau berdialog dengan dirinya. Ia berharap diskusi tersebut bisa menjadi cara agar Indonesia dan Uni Eropa bisa saling menguatkan sinergi di masa yang akan datang.

"Semoga pertemuan ini dapat menjadi awal hilangnya kesenjangan hubungan Indonesia dengan Uni Eropa. Membangun kesepahaman bersama dan juga rasa saling percaya. Thank you for the dialogue, Paolo. Let us pave the way in strengthening the cooperation between Indonesia and Europe," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])