Sosok Ernando Ari, Pahlawan Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024

Nusantaratv.com - 19 April 2024

Penjaga gawang timnas U-23,  Ernando Ari. (Instagram)
Penjaga gawang timnas U-23, Ernando Ari. (Instagram)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan atas Australia dengan skor tipis 1-0 pada laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (18/4).

Gol tunggal Indonesia dicetak oleh Komang Teguh pada menit ke-45. Tambahan tiga poin ini juga membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak 8 besar.

Namun dari laga ini ada yang tengah menjadi sorotan publik,  kiper Ernando Ari menjadi pahlawan Indonesia karena berkali-kali mampu menggagalkan sejumlah peluang emas Australia termasuk penalti dari Mohammad Traore.

"Alhamdulillah, kami meraih kemenangan penting hari ini melawan Australia. Kunci kemenangan adalah kerja keras semua pemain serta terimakasih atas doa dan dukungannya kepada kami," kata Ernando seusai laga.

Ernando memang merupakan salah satu potensi besar dalam dunia sepak bola Indonesia. Kepiawaiannya di bawah mistar sudah diuji berkali-kali di laga besar meski usianya masih sangat belia.

Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Qatar.

Di level timnas, dia dipercaya sejak timnas U-16 di bawah asuhan pelatih Fakhri Husaini. Kemudian kembali ditarik oleh Shin Tae-yong untuk timnas U-19 dan U-23.

performa gemilang Ernando Ari Sutaryadi ketika membela timnas U-23 Indonesia melawan Australia adalah suatu pencapaian yang luar biasa. 

Khususnya ketika membela timnas U-23 Indonesia melawan Australia, Selasa (26/10/2021) di Tajikistan. Dirinya mampu menepis tendangan penalti Australia bernomor punggung 9, Patrick Wood.

Selain itu dalam penyelamatan krusialnya Ernando berhasil memberikan kepercayaan diri tambahan bagi timnya. 

Berikut profil singkat Ernando Ari

Ernando Ari mengenal sepak bola sejak dini, saat itu ia masih duduk di bangku SD kelas 1 bermain sebagai striker.

Namun ketika beranjak kelas 3 SD ernando berpindah posisi menjadi penjaga gawang.

Untuk karier profesionalnya, ia sekarang menjadi pemain utama di salah satu klub besar Liga 1, Persebaya Surabaya.

Nama: Ernando Ari Sutaryadi

Tempat dan tgl lahir: 02 Februari 2002, Semarang

Klub saat ini: Persebaya Surabaya

Nomor punggung: 21

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])