Sondang Tampubolon Gelar Sosialisasi Peran Penting CSR BUMN ke Warga Jaktim

Nusantaratv.com - 22/12/2021 13:29

Sosialisasi Peran Penting CSR BUMN di Masyarakat yang Digelar Sondang Tampubolon.
Sosialisasi Peran Penting CSR BUMN di Masyarakat yang Digelar Sondang Tampubolon.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tiar Debora Tampubolon kembali menggelar sosialisasi ke masyarakat. Kali ini, sosialisasi bertajuk "Peran Penting CSR BUMN di Masyarakat",  yang dilaksanakan di kawasan Jakarta Timur (Jaktim), Rabu (22/12/2021).

Sondang menjelaskan, kegiatan ini dihelat dalam rangka memberikan pemahaman peran penting BUMN di masyarakat. Terutama melalui program corporate social responsibiity (CSR) yang dijalankan. 

"Jadi untuk program sosialisasi hari ini bahwa BUMN adalah sebuah instrumen negara untuk bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa," ujar Sondang di sela sosialisasi. 

"Dimana apa yang ada di Indonesia harus diinisasi oleh BUMN supaya ada dan yang sudah ada bisa ditingkatkan secara ekonomi. Tapi tidak hanya sebatas itu, BUMN juga diwajibkan memberikan keuntungan kepada negara berupa penerimaan bukan pajak, penerimaan berupa pajak dan juga pembagian deviden dari keuntungan. Selain itu juga BUMN di sini harus memberikan sesuai UU harus memberikan tanggung jawab sosial karena itu diatur UU dan bisa dirasakan masyarakat di lingkungan sekitar," imbuhnya.

Kegiatan ini, kata Sondang juga sebagai wadah sosialisasi bahwa program CSR dari BUMN, sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama warga Jakarta Timur. Program ini bisa digunakan untuk berbagai hal guna membangun serta memajukan masyarakat. 

"Apakah itu untuk pendidikan sarana-prasarana lingkungan kemudian kesehatan dan juga usaha mikro kecil dan menengah, berupa alat-alat kerja," tuturnya. 

Anggota Komisi VI DPR RI ini berharap, agar upayanya ini semakin menunjukkan bahwa CSR yang diberikan oleh BUMN benar-benar dibutuhkan dan membantu masyarakat. Selaku legislator, dirinya pun berkeinginan agar program-program CSR BUMN terus ditingkatkan.

Sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu baik di sektor pendidikan, kesehatan dan sebagainya. 

"Mudah-mudahan ini kolaborasi yang baik antara kami di DPR RI dengan mitra kerja kami Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Investasi, Kementerian Koperasi dan UMKM, bersama masyarakat ini bisa membuahkan suatu pemulihan ekonomi nasional," jelasnya. 

Sementara, salah seorang peserta sosialisasi, Yulia Damawanti, mengaku semakin tercerahkan dengan adanya pemaparan dari Sondang terkait peran program CSR BUMN di masyarakat. 

"Alhamdulillah ya jadi semakin paham soal itu. Karena selama ini saya agak kurang tahu ya kita soal CSR BUMN ini," ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan peserta lainnya, Iwan Monang Sihite. Ia berharap kegiatan yang memberikan pemahaman kepada masyarakat seperti ini, semakin banyak digelar. 

"Ya pertama adalah masyarakat bisa tahu ada CSR dari BUMN. Semoga kegiatan mencerdaskan kayak gini sering dilaksanakan," tandasnya. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in