Single Super Tuna Jin BTS Diprotes Netizen Jepang

Nusantaratv.com - 13 Desember 2021

Jin BTS. (net)
Jin BTS. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Gegara menggunakan kata Laut Timur dalam single bertajuk Super Tuna, Jin BTS mendapat protes dari sejumlah netizen di Jepang. Protes tersebut disebabkan karena kata Laut Timur dalam single itu yang merujuk perairan antara Korea dan Jepang.

Korea dan Jepang telah lama berselisih mengenai masalah nama laut tersebut. Korea menyebutnya dengan nama Laut Timur. Sementara itu, Jepang menyebutnya sebagai Laut Jepang.

Sejumlah netizen Jepang memprotes lirik "Ke mana perginya ikan saya? Laut Timur atau Laut Barat?" yang terdapat dalam single Super Tuna.

Mereka kecewa karena Jin menggunakan kata Laut Timur alih-alih Laut Jepang yang disebut telah diakui secara internasional.

"Sangat mengecewakan Jin merilis sebuah lagu menggunakan kata-kata, Laut Timur, bukan Laut Jepang, satu-satunya nama yang diakui secara internasional," tulis seorang pengguna Twitter Jepang, mengutip cnnindonesia. 

Pengguna media sosial lainnya mengatakan bahwa jika HYBE, agensi yang menaungi BTS, menyetujui lirik tersebut maka mereka tidak menghargai Jepang. Mereka pun berniat memprotes agensi agar mengubah lirik tersebut.

Sementara itu, netizen Korea berpendapat bahwa seharusnya tidak masalah jika warga negara Korea menyebut perairan tersebut sebagai Laut Timur.

Mereka juga berpendapat Jin menggunakan kata Laut Timur agar seirama dengan kata Laut Barat yang juga digunakan dalam Super Tuna.

"Tapi apa pun niatnya, Jin mempromosikan nama Laut Timur secara global dan kita harus berterima kasih padanya untuk itu," tulis seorang pengguna internet Korea dalam komentar di artikel berita Naver.

Hingga saat ini, HYBE belum memberikan pernyataan resmi tentang masalah ini.

Jin merilis single Super Tuna pada 4 Desember lalu. Single ini ditulis sendiri oleh Jin untuk merayakan ulang tahun ke-29.

Video musik Super Tuna telah dirilis di akun YouTube BANGTANTV dan berhasil tembus lebih dari 27 juta penonton dalam sembilan hari.

Single Super Tuna juga menjadi populer di media sosial. Tagar SuperTuna dan SuperTunaChallenge masing-masing telah mengumpulkan lebih dari 140 juta dan 48 juta unggahan di Tiktok.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])