Singkong Keju, Cemilan Enak untuk Menemani WFH

Nusantaratv.com - 25 Agustus 2021

Singkong keju yang gurih dan empuk.
Singkong keju yang gurih dan empuk.

Penulis: Supriyanto | Editor: Supriyanto

Nusantara TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan perkembangan pandemi virus corona (Covid-19) di ibu kota kini mencapai level darurat, bahkan lebih “berat” dibandingkan dengan saat PSBB total pertama kali berlaku. 

Menurut Anies, rencana pemberlakuan PSBB Jakarta secara total telah disepakati oleh Forkopimda DKI saat rapat bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Pertimbangannya: dampak pandemi corona di ibu kota semakin mengkhawatirkan.

Karena itu banyak perkantoran yang kembali menerapkan Work From Home (WFH) kepada karyawannya. Bagi sebagian orang bekerja di rumah adalah hal yang menyenangkan, namun ada juga beberapa orang yang merasa jenuh melakukannya.

Saat harus kembali bekerja dari rumah, ada baiknya Anda membuat cemilan menarik untuk menemani Anda bekerja. Ada beberapa cemilan yang dapat dibuat dan salah satunya cemilan dari singkong. Membuat singkong keju di kala WFH akan sangat menarik. Singkong keju dengan tekstur empuk dengan taburan keju di atasnya pasti akan sangat menggoda.

Baca Juga: Resep Ceker Ayam Saus Pedas Ala Korea

Singkong goreng biasa ditemukan di tukang gorengan bersama dengan gorengan lainnya. Selain umbinya yang dapat diolah menjadi beragam jenis olahan makanan yang lezat, daunnya juga dapat digunakan sayuran atau lalapan yang mengandung banyak zat besi.

Selain digoreng singkong biasanya juga diolah dengan cara direbus, atau dibuat kolak. Salah satu olahan umbi singkong yang patut dicoba adalah olahan singkong keju. Cara membuat singkong keju ini belakangan cukup populer di Indonesia karena cita rasanya yang khas.

Kunci kesuksesan dari resep ini adalah rendaman bumbu air es dan digoreng dua kali. Beri parutan keju begitu singkong selesai digoreng untuk kedua kalinya. Yuk simak resep lengkapnya berikut ini yang dikutip Okezone dari akun Instagram @resepsayur.

Bahan:

  • Singkong Keju
  • 1 kg singkong
  • Air dingin
  • Es batu
  • Keju parut

Bahan bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam

Cara Membuat:

  1. Kupas singkong lalu cuci. Potong-potong ukuran sedang.
  2. Rendam singkong selama 15 menit, lalu goreng hingga bagian luarnya kering.
  3. Blender bawang putih, ketumbar, sedikit garam, dengan air dingin.
  4. Masukkan singkong yang sudah digoreng ke dalam air es campuran bumbu. Tunggu sampai singkong merekah.
  5. Panaskan minyak banyak. Goreng kembali singkong yang sudah merekah hingga garing di bagian luarnya. Angkat, tiriskan.
  6. Sajikan hangat bersama parutan keju dan susu kental manis. 

Sumber: 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])