Sinergi USU dan NT Corporation, Perkuat Kualitas Mahasiswa

Nusantaratv.com - 18 Desember 2021

Presiden Komisaris NT Corporation, Dr Ir Nurdin Tampubolon MM.
Presiden Komisaris NT Corporation, Dr Ir Nurdin Tampubolon MM.

Penulis: Adiantoro

Medan, Nusantaratv.com - Universitas Sumatera Utara (USU) dan NT Corp (Nurdin Tampubolon Corporation) menjalin sinergi.

Utamanya dalam penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian dan pengembangan kelembagaan, yang masuk dalam ranah pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Sinergi tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan Rektor USU Dr Muryanto Amin, SSos MSi dan Presiden Komisaris NT Corporation, Dr Ir Nurdin Tampubolon MM di Biro Rektor USU, Selasa (14/12/2021).

Muryanto berharap USU dan NT Corporation bisa saling mendukung dalam meningkatkan kemampuan para mahasiswa USU untuk memenuhi standar kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul, berdaya saing dan siap pakai.

Disebutkan Muryanto, penandatanganan nota kesepahaman ini selain bersilaturahmi juga bersinergi untuk menjalin kerja sama bagi kebermanfaatan yang lebih luas.

"Dr Nurdin Tampubolon merupakan salah seorang alumni USU yang dikenal dekat dan memiliki kepedulian terhadap almamaternya," ujar Muryanto di Kampus USU, Medan, Selasa (14/12/2021).

Dia juga mengapresiasi berbagai bentuk kepedulian tersebut sebagai dukungan kuat bagi pelaksanaan program pembangunan USU ke depan. "Alumni merupakan salah satu kekuatan yang dibutuhkan USU untuk meningkatkan kualitas dan perannya di tengah masyarakat, baik secara nasional maupun di dunia internasional," tegasnya.

Rektor USU juga berharap MoU ini dapat ditindaklanjuti dengan implementasi segera, khususnya dengan fakultas teknik dan prodi-prodi di bawahnya yang terlibat langsung sebagai mitra kerja sama dalam bidang-bidang yang telah disepakati.

"Nantinya dapat dirumuskan secara mendetail konsep kegiatan berikut output-nya yang akan dilaksanakan segera maupun dilaksanakan bertahap pada kesempatan selanjutnya," jelas Muryanto.

Dengan begitu, terang Rektor USU, maka bisa disusun mana agenda yang bisa direalisasikan dalam waktu dekat dan berbagai kebutuhan pendukungnya, serta mana yang masih bisa menyusul kemudian. "Jadi target dan tujuan yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan MoU ini bisa segera terwujud dengan baik," ucapnya.

Lebih dari itu, sebut Muryanto, kerjasama ini sekaligus membuka ruang yang lebih luas bagi terlaksananya berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan skill, keilmuan dan inovasi yang dimiliki para civitas akademika USU.

"Kami berharap, dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini untuk lima tahun ke depan, maka hubungan yang terjalin antara USU dengan NT Corporation dapat semakin erat dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kedua belah pihak," imbuh Muryanto.

Selain itu, dia menegaskan, kerjasama ini juga diharapkan dapat semakin memperluas peluang dan kesempatan USU untuk berkontribusi dalam pembangunan dan memberikan manfaat bagi masyarakat umum.

Rektor USU dalam sambutannya mengatakan, penandatanganan MoU ini nantinya akan disandingkan dengan kuliah umum bertajuk 'Peran Alumni dalam Mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka USU'.

Sementara itu, Presiden Komisaris NT Corporation, Nurdin Tampubolon mengatakan, penandatanganan ini sesuai dengan Kampus Merdeka, bahwa ada tiga program yakni magang, riset development dan wirausaha.

"Melalui kerjasama dengan USU ini, NT Corp bisa menerima atau menempatkan mereka dari salah satu atau ketiga dari program tersebut sebagai pemenuhan kampus merdeka," ujar Nurdin Tampubolon.

Di mana, kata dia, pada semester 5 dan 6 para mahasiswa diberikan pembelajaran langsung di lapangan atau magang di perusahaan. "Hal itu tujuannya untuk mencetak wirausahawan yang unggul nantinya setelah mereka tamat sesuai dengan jurusannya masing-masing," imbuhnya.

Selanjutnya, tambah Nurdin Tampubolon, mereka nantinya bisa melihat kesempatan-kesempatan di korporasi dan juga menjadi pengusaha pengusaha yang andal sesuai dengan progresnya. "Perusahaan korporasi adalah memproduksi barang dan jasa yang harus berdaya saing internasional," urainya.

Disebutkannya, hal itu pastinya diproduksi oleh orang profesional yang merupakan mahasiswa USU yang dibina untuk generasi masa depan. "Jadi dengan barang dan jasa yang diproduksi itu kita ekspor ke luar negeri untuk mendapatkan devisa untuk memakmurkan bangsa kita.," ujarnya.

"Karena suatu bangsa yang berdaya saing, korporasinya yang pertama di berdaya saing di pasar internasional. Tidak mungkin satu bangsa bisa berinteraksi sinergi tanpa mempunyai barang dan jasa yang berdaya saing di pasar internasional," tambah Nurdin Tampubolon.

Hal senada juga diungkapkan Dekan Fakultas Teknik USU, Dr Ir Fahmi ST MSc IPM. Dia menyebutkan kerjasama ini merupakan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurutnya, NT Corp sebagai perusahaan yang membidangi lebih dari satu bidang. Hal ini membuat dirinya yakin semangat MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri mendapatkan sesuatu yang lebih yang perkembangannya sangat cepat sekali.

"Kami sangat senang dengan Pak Nurdin terus membantu kita di sini dan bukan cuma Fakultas Teknik, tapi juga fakultas lain. Makanya MoU ini saya ajak langsung ke rektorat supaya bisa dengan fakultas lainnya untuk bekerjasama," tegas Fahmi.

Dengan MoU ini, ungkap Fahmi, akan bisa memulai bekerjasama dan akan melibatkan lebih banyak orang lagi terutama mahasiswa yang bisa menggunakan kesempatan ini.

Dan terpenting, hal ini bukan satu hal yang baru, namun kerap dilakukan, sehingga makin memperkokoh kerjasama dengan NT Corp.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])