Siapkan Mental, Miliarder Jepang Ingin Main Bulutangkis di Luar Angkasa

Nusantaratv.com - 15 Oktober 2021

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa (tengah). (Istimewa)
Miliarder Jepang Yusaku Maezawa (tengah). (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Miliarder Jepang Yusaku Maezawa bakal melakukan perjalanan sebagai turis ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) milik Rusia pada Desember mendatang.

Penerbangan ini menandai kembalinya Rusia ke pariwisata luar angkasa, ketika ada persaingan di sektor ini dengan perusahaan swasta Amerika Serikat (AS). Jelang perjalanan luar angkasanya itu, Maezawa mengaku tidak khawatir, bahkan dirinya ingin bermain bulutangkis di orbit. 

Misi tersebut merupakan salah satu dari sejumlah misi yang dilakukan oleh astronot non-profesional tahun ini. Jeff Bezos mengirim aktor Star Trek terkenal berusia 90 tahun William Shatner ke luar angkasa selama beberapa menit pada Rabu (13/10/2021) dengan roket Blue Origin.

Maezawa, pria Jepang eksentrik berusia 45 tahun itu adalah pendiri mal fashion online dan orang terkaya ke-30 di Negeri Sakura, menurut Forbes, seperti dikutip AFP, Jumat (15/10/2021).

"Saya memiliki daftar 100 tugas yang ingin saya lakukan di stasiun, misalnya bermain bulu tangkis," kata Maezawa dalam konferensi pers di Pusat Pelatihan Kosmonot dekat Moskow, Kamis (14/10/2021).

"Semakin dekat, saya semakin bersemangat. Saya tidak takut atau khawatir," lanjutnya.

Miliarder dan salah satu pendirinya Yuzu Hirano akan lepas landas dengan kosmonot Rusia Alexander Misurkin pada 8 Desember dengan roket Soyuz dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan.

Mereka dijadwalkan akan menghabiskan 12 hari di ISS. Maezawa mengatakan dia berencana mendokumentasikan perjalanannya untuk saluran YouTube miliknya dengan lebih dari 700.000 pelanggan.

"Saya ingin memberi tahu Anda bahwa mimpi menjadi kenyataan. Pergi untuk tujuan. Semuanya tergantung pada Anda,' imbuh Maezawa.

Dia akan menjadi turis luar angkasa pertama yang melakukan perjalanan ke ISS bersama badan antariksa Rusia Roscosmos sejak 2009 ketika Guy Laliberte dari Kanada, salah satu pendiri Cirque du Soleil, melakukan perjalanan ke stasiun tersebut.

Awal bulan ini, Roscosmos mengirim seorang aktris dan sutradara ke ISS di mana mereka sedang syuting adegan untuk film pertama di orbit. Mereka akan kembali ke Bumi pada Minggu (17/10/2021).

Tiga orang kru Maezawa akan melakukan perjalanan dengan roket Soyuz yang dirancang Soviet yang selama beberapa dekade telah mengangkut astronot dari seluruh dunia ke ISS.

Tahun lalu, Rusia kalah bersaing dalam penerbangan ISS dengan SpaceX milik Elon Musks yang berhasil mengirim astronot NASA ke stasiun dalam kapsul Crew Dragon. SpaceX membuat sejarah tahun ini dengan mengirimkan kru sipil pertama di sekitar orbit Bumi dalam misi yang disebut Inspiration4.

Perusahaan AS juga berencana pada 2023 melakukan misi untuk memberangkatkan warga sipil dalam penerbangan mengelilingi bulan, yang didanai oleh Maezawa yang berencana menjadi salah satu dari delapan orang di dalamnya.

Persaingan di sektor pariwisata antariksa semakin memanas seiring semakin banyaknya pemain yang bermunculan. Blue Origin, perusahaan pendiri Amazon Jeff Bezos, menyelesaikan dua misi di luar atmosfer bumi tahun ini.

Virgin Galatic dari miliarder Richards Branson menawarkan pengalaman serupa beberapa menit tanpa bobot sebelum kembali ke Bumi. Baik Bezos dan Branson berada di atas kapal untuk pelayaran perdana perusahaan mereka masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])