Setahun Pembubaran FPI, Mahfud MD: Hidup Nyaman Sekarang

Nusantaratv.com - 27 Desember 2021

Mahfud MD. (Net)
Mahfud MD. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menko Polhukam Mahfud MD menuturkan salah satu dampak positif dibubarkannya Front Pembela Islam (FPI) oleh pemerintah. Salah satunya masyarakat senang karena hidupnya semakin nyaman. 

Menurut dia, pembubaran ormas pimpinan Rizieq Shihab itu telah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. FPI sendiri resmi dibubarkan pada 30 Desember 2020. 

"Kita membubarkan atau melarang diteruskannya FPI karena legal standingnya tidak ada. Sesudah itu kan masyarakat senang," ujar Mahfud dalam diskusi daring dikutip, Senin (27/12/2021). 

Kesenangan dari masyarakat itu, kata Mahfud membuat kehidupan menjadi nyaman. Bukan hanya itu, dikatakan Mahfud, politik di Tanah Air menjadi stabil. 

"Ternyata terasa hidup nyaman sekarang sesudah itu dibubarkan, maka politik stabil," kata dia. 

Mahfud memastikan pemerintah tidak salah membubarkan FPI. Menurutnya, pemerintah sma asekali tidak mau ada kelompok yang menimbulkan kekerasan merajalela di lingkungan masyarakat. 

"Kita mengakhiri kelompok-kelompok yang suka bikin kekerasan di berbagai daerah dengan tegas," tandasnya.

Pemerintah resmi melarang FPI sebagai organisasi di Indonesia ada Rabu 30 Desember 2020. FPI dianggap telah melakukan sejumlah pelanggaran yang mengganggu ketertiban umum. Hal ini tertuang dalam surat keputusan bersama Menkum HAM, Mendagri, Jaksa Agung, Menkominfo, Kapolri, dan Kepala BNPT. Keputusan bersama tersebut bernomor 220-4780 Tahun 2020, Nomor n.ah-14.AH05.05 tahun 2020, Nomor 69 Tahun 2020, Nomor 24 Tahun 2020, Nomor KB/3/XII Tahun 2020, Nomor 320 Tahun 2020.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])