Samsung Pangkas Produksi Chip di Pabrik Xian China Gegara Lockdown

Nusantaratv.com - 30 Desember 2021

Pabrik chip Samsung Electronics di Xian. (Samsung Electronics)
Pabrik chip Samsung Electronics di Xian. (Samsung Electronics)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Samsung Electronics mengurangi produksi chip mereka di pabrik Xian, China.

Tindakan itu diambil setelah otoritas setempat melakukan penguncian (lockdown) ketat guna menahan lonjakan Covid-19 terkait varian Omicron. Dikutip dari Korea Herald, Kamis (30/12/2021), raksasa teknologi Korea Selatan (Korsel) itu memutuskan untuk sementara menyesuaikan operasi di pabrik chip mereka di Xian.

Samsung menyatakan keputusan itu dibuat untuk melindungi kesehatan serta keselamatan karyawan dan mitranya, yang tetap menjadi prioritas utama. Guna memastikan pelanggannya tidak terpengaruh, perusahaan bakal mengambil semua tindakan yang diperlukan, termasuk memanfaatkan jaringan manufaktur global Samsung.

Fasilitas Xian, yang telah berjalan sejak 2014, merupakan satu-satunya pabrik chip memori Samsung Electronics di luar negeri. Pabrik Xian menyumbang sekitar 40 persen dari chip flash NAND Samsung Electronics.

Pihak berwenang China sebelumnya pada 22 Desember 2021 memberlakukan lockdown di Xian. Hal ini mendorong tanggapan darurat dari Samsung yang menggeser semua personilnya yang tersedia di jalur produksi untuk terus beroperasi pada kapasitas maksimum.

"Karena lockdown, ada kesulitan dalam perjalanan dan logistik karyawan, sehingga penyesuaian operasi tidak dapat dihindari. Ketika lockdown dicabut, operasi akan dinormalisasi," kata seorang pejabat Samsung.

Di sisi lain, pabrik baterai kendaraan listrik Samsung SDI di China tampaknya tidak terpengaruh oleh lockdown. "Samsung SDI akan merespons sesuai dengan pedoman otoritas tetapi (pabrik) beroperasi normal," tukas seorang pejabat perusahaan. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])