Rusia Bakal Coret Taliban dari Daftar Kelompok Teroris

Nusantaratv.com - 23 Oktober 2021

Presiden Rusia Vladimir Putin/ist
Presiden Rusia Vladimir Putin/ist

Penulis: Ramses Manurung

Moskow, Nusantaratv.com-Rusia mempertimbangkan untuk mencoret Taliban yang kini berkuasa di Afganistan dari daftar organisasi teroris. 

Keinginan itu diungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Namun Putin menyadari pencoretan Taliban dari daftar oragnisasi teroris hanya bisa terjadi di level Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Diketahui, Rusia mencap Taliban sebagai organisasi teroris sejak 2003. Namun Rusia menyambut Taliban  untuk pembicaraan di Moskow beberapa kali sebelum kelompok itu mengambil alih kekuasaan di Afghanistan sejak Agustus lalu.

"Kita semua berharap orang-orang ini, Taliban, yang tidak diragukan lagi mengendalikan situasi di Afghanistan akan memastikan bahwa situasi berkembang secara positif," kata Putin dalam sebuah pertemuan internasional baru-baru ini mengutip detik, Sabtu (23/10/2021). 

Baca juga: Demi Keamanan, China dan Rusia Sepakat Gandeng Taliban

"Kita menjaga solidaritas (terkait keputusan bersama mengenai Taliban) dan akan mempertimbangkan keputusan untuk menghapus mereka dari daftar organisasi teroris," imbuhnya.

Putin mengakui bahwa Rusia semakin mengarah kepada keputusan tersebut. 

"Tapi keputusan ini harus diambil sesuai dengan prosedur yang sama yang digunakan ketika kita memasukkan gerakan (Taliban-red) itu ke dalam daftar organisasi teroris," imbuhnya. Diketahui bahwa keputusan memasukkan Taliban ke dalam daftar organisasi teroris dilakukan pada level PBB.

Putin menyebutkan Rusia bukan satu-satunya negara yang ingin mencoret Taliban dari daftar organisasi teroris. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])