Pria Lamongan Sukses Rakit 3 Pesawat, Dua Diantaranya Dibeli Pemerintah Republik Ceko

Nusantaratv.com - 17/12/2021 15:44

Pesawat STOL hasil rakitan Suryanto/ist
Pesawat STOL hasil rakitan Suryanto/ist

Penulis: Ramses Manurung

Ciamis, Nusantaratv.com-Pria asal Lamongan bernama Suryanto alias Heri Santoso berhasil merakit pesawat terbang sendiri. Pesawat terbang hasil rakitannya adalah jenis short take-off and landing atau STOL.

Tak tanggung-tanggung hingga kini Suryanto telah berhasil merakit tiga buah pesawat STOL. Ketiga pesawat tersebut dirakit di kampung halaman istrinya di Ciamis. 

"Saya mengerjakan pesawat ini di kampung halaman istri saya di Dusun Nambo, Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat," ujar Suryanto.

Suryanto menceritakan kemampuan merakit pesawat yang dimilikinya didapat ketika bekerja sebagai di salah satu perusahaan pembuatan pesawat di Alasaka, Amerika Serikat. Sepulangnya dari Negeri Paman Sam, ia tinggal di Ciamis.

Ia merakit merakit komponen-komponen pesawat terbang yang ia beli kala merantau di luar negeri.

Baca juga: Apple Niat Buat Chip Sendiri untuk Konektivitas 5G dan Wi-Fi
 
Pesawat STOL buatan Suryanto dilengkapi 2 kursi penumpang yang mampu terbang dengan kecepatan maksimal 200 kilometer per jam. Berkapasitas 80 liter avtur, dengan durasi terbang kurang lebih 4 jam penerbangan.

Kepiawaian Suryanto ternyata diakui juga di internasional. Terbukti dua pesawat STOL yang dirakitnya di Ciamis dibeli oleh pemerintah Republik Ceko. Satu pesawat lainnya dibawa ke kampung halamannya di Lamongan menggunakan truk.

Pesawat tersebut kini terparkir di halaman rumahnya di Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Lamongan. Ia menunggu momen uji kelaikan dan pembuatan identitas pesawat.

Menurut Suryanto pesawat rakitannya cocok untuk digunakan di Indonesia, yang merupakan negara kepulauan.

"Pesawat jenis STOL sangat cocok untuk di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Tidak membutuhkan landasan yang panjang, lapangan sepak bola saja sudah sangat cukup, bahkan terlalu panjang. Jadi sangat cocok untuk ke pulau-pulau," tukasnya, mengutip CNNIndonesiacom, Jumat (17/12/2021).

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in