Presiden Mesir: Terorisme Jadi Salah Satu Tantangan Terbesar yang Dihadapi Umat Manusia

Nusantaratv.com - 26/06/2022 10:45

Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi. (Reuters)
Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi. (Reuters)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi menyatakan terorisme tetap menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi umat manusia.

Pernyataan itu disampaikan Abdel Fattah El-Sisi dalam pidatonya pada pertemuan puncak KTT BRICS di Beijing, China, yang mempertemukan Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (Afsel).

Abdel Fattah El-Sisi memuji keinginan "kelompok BRICS untuk mengadopsi visi bersama terhadap isu-isu politik dan ekonomi yang menarik bagi negara-negara berkembang, terutama yang berkaitan dengan menjajaki prospek kerjasama pembangunan dan dukungan untuk pembiayaan pembangunan."

"Upaya yang difokuskan untuk mengatasi dampak krisis ekonomi saat ini tidak boleh mengorbankan mendukung pembangunan berkelanjutan di negara-negara kurang berkembang dan berkembang, negara-negara yang masih menderita kekurangan pembiayaan pembangunan," ujarnya, seperti dikutip dari Arab News, Minggu (26/6/2022).

Dia menambahkan mencapai tujuan pembangunan harus sejalan dengan semua upaya internasional untuk mengatasi tantangan tradisional dan non-tradisional, di antaranya adalah masalah terorisme dan perubahan iklim.

"Fenomena terorisme melanggar hak-hak dasar warga negara, yang terutama adalah hak untuk hidup, dan menghambat upaya pemerintah untuk mencapai tujuan ekonomi dan sosial rakyatnya," lanjutnya.

"Mesir menekankan perlunya mengadopsi pendekatan komprehensif yang mencakup berbagai dimensi untuk mengeringkan sumber terorisme dan mencegah penyediaan dana, tempat berlindung yang aman dan platform media untuk organisasi teroris, serta mengatasi kondisi ekonomi dan sosial dan faktor yang mendorong beberapa orang menjadi ekstremisme dan bergabung dengan kelompok teroris," tambah Abdel Fattah El-Sisi. 

Mesir sebelumnya berpartisipasi sebagai tamu dalam KTT BRICS yang diselenggarakan oleh China pada September 2017.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in