PPSKI Dukung Swasembada Sapi 2024

Nusantaratv.com - 18/11/2021 13:09

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) mendukung upaya pemerintah dalam mengawal swasembada sapi 2024. 

Ketua PPSKI Nanang Purus Subendo mengatakan, kebijakan swasembada daging sapi salah satunya melalui Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting(UPSUS SIWAB) dipastikan mampu meningkatkan produksi daging dan memperbaiki usaha peternak. 

"Sebab dengan program ini usaha peternakan rakyat dan keberadaan ternak lokal menjadi kunci dalam pemenuhan daging sapi dalam negeri," ujarnya, Kamis (18/11/2021)
 
Upaya pemerintah menciptakan ketersediaan daging yang sehat dan harga  terjangkau sendiri, sudah tertuang dalam Road Map Swasembada Pangan. Road Map ini merupakan upaya transformasi yang terstruktur, pelaksanaannya dilakukan secara bertahap dan jangka waktu panjang.  

"Pada tahun 2016 hingga 2026, merupakan fase awal menuju lumbung pangan dunia, Indonesia akan menjadi negara yang sukses dalam penyiapkan kemandirian ketersediaan daging sapi. Indonesia sudah swasembada protein, ditandai dengan kecukupan produksi daging ayam, telur dan sumber protein hewani lainnya. Juga peningkatan ekspor ternak dan produk olahan hewani ke mancanegara," papar Nanang. 

Selain itu, kata dia, dalam dua tahun pelaksanaan program UPSUS SIWAB, khusus upaya peningkatan populasi sapi potong, telah menunjukkan hasil yang membanggakan. Tercatat, pelayanan Inseminasi Buatan/IB dari Januari 2017 hingga 16 Desember 2018 telah terealisasi 8.237.782 ekor.

Selain program SIWAB, pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) juga telah menyusun berbagai program strategis lainnya, yakni memperkuat aspek perbenihan dan perbibitan untuk menghasilkan benih dan bibit unggul berkualitas. Kemudian, penambahan indukan impor, pengembangan HPT (Hijauan Pakan Ternak), penanganan gangguan reproduksi, penyelamatan sapi betina produktif dan penanggulangan dan pemberantasan penyakit hewan.
 
Selain upaya peningkatan produksi ini, PPSKI siap membantu pada penguatan skala ekonomi dan kelembagaan peternak. 

"Upaya ini sangat penting agar usaha peternakan rakyat berkelanjutan dan benar-benar menjadi sumber pendapatan utama, bahkan peningkatan sumber daya peternak mudah dilakukan," jelas Nanang. 

"Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan potensi usaha peternakan dalam negeri. Pemenuhan daging di dalam negeri tidak lagi tergantung dari impor, tetapi dipenuhi sendiri dari dalam negeri yaitu peternak lokal," imbuhnya.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in