Posan Tobing Sakit Hati ke Band Kotak Gegara Royaltinya Tak Pernah Dibayarkan

Nusantaratv.com - 29/09/2022 15:22

Posan Tobing/Instagram
Posan Tobing/Instagram

Penulis: Ulfa Nita

Nusantaratv.com - Hubungan musisi Posan Tobing dengan rekan-rekannya di band Kotak sepertinya kurang baik. Apalagi setelah Posan memutuskan resign, dia menyebut jika royaltinya tak pernah dibayarkan.

Hal itu bermula ketika para penggemar mengajak dia kembali manggung bersama Tantri, Chua dan Cella, saat band mereka merayakan ulang tahun pada 27 September 2022.

"Kerabat Kotak banyak banget yang DM (pesan) ke gue supaya ikut main di acara ulang tahun band yang gue ikut bikin dari awal tercipta," kata Posan Tobing lewat Instagram Story, Rabu (28/9/2022).

Namun bukan memberikan respons positif, Posan Tobing justru mengecam ajakan para penggemar Kotak karena mengaku sakit hati dengan band tersebut.

"Tahu kenapa gue enggak pernah balas DM kalian, hai Kerabat Kotak tersayang? Gue sakit hati sama band ini," ucap Posan Tobing.

Posan Tobing kemudian menjelaskan kenapa dia sakit hati ke Band Kotak. Posan mengaku tak lagi mendapat bayaran royalti atas karya-karya ciptaannya yang dinyanyikan Kotak sejak mundur pada 2011.

"Dari mulai gue resign, berapa ribu panggung yang kalian konser kan tanpa gue? Tapi mana royalti performance gue? Enak saja lo, konser pakai lagu-lagu ciptaan gue tapi enggak bayar ke gue," imbuh Posan Tobing.

Parahnya lagi menurut Posan Tobing, ketiga personel Kotak saat ini yakni Tantri, Chua dan Cella tidak pernah mencantumkan nama eks rekan mereka sebagai pencipta lagu.

"Duit penciptanya enggak pernah lo share, nama penciptanya juga enggak pernah lo sebutin," kata Posan Tobing.

Posan Tobing kemudian memberi penjelasan ke publik bahwa royalti pencipta lagu berlaku seumur hidup. Sehingga keputusan mundur dari Band Kotak mestinya tidak berpengaruh ke pembayaran royalti.

"Gue resign bukan berarti royalti performance gue juga resign. Itu melekat seumur hidup, bahkan nantinya diserahkan ke ahli waris gue. Lo enggak mungkin enggak tahu, lo bukan anak kemarin sore di industri musik," ucap Posan Tobing.

Posan Tobing di akhir kalimatnya tegas meminta ke para personel Kotak beserta manajemen untuk segera membayar utang royalti yang sudah lama mandek.

"Sudah sangat lama gue diam. Gue resign dari Kotak saja manajemen yang atur biar gue diam. Tapi sekarang gue enggak bisa diam. Bayar hak gue!," kata Posan Tobing tegas.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in