Pesawat Kargo Rusia Jatuh dan Terbakar, Seluruh Penumpang Tewas

Nusantaratv.com - 04 November 2021

Pesawat kargo Rusia jatuh dan terbakar/ist
Pesawat kargo Rusia jatuh dan terbakar/ist

Penulis: Ramses Manurung

Moskow, Nusantaratv.com-Pesawat kargo Rusia An-12 mengalami kecelakaan, jatuh dan terbakar di dekat Kota Irkutsk, Siberia, Rabu (3/11/2021). Insiden menewaskan tujuh orang. 

Kecelakaan yang menimpa pesawat kargo An-12 diketahui setelah pesawat menghilang dari radar tak lama usai lepas landas dari bandara Yakutsk pada pukul 14.50 waktu Moskow.  

“Pada pukul 14:50 waktu Moskow, pesawat An-12, yang terbang antara Yakutsk dan Irkutsk, menghilang dari radar,” kata seorang sumber. 

Pesawat itu milik maskapai Belarusia 'Grodno' dan mengoperasikan penerbangan kargo.

Menurut laporan awal, lokasi kecelakaan telah ditemukan di daerah Desa Pivovarikha (di wilayah sekitar Irkutsk), tidak jauh dari bandara.

Baca juga: Pesawat Cessna AS Jatuh Timpa Rumah, 2 Tewas

Sementara itu, Kementerian Situasi Darurat Rusia mengatakan pihaknya langsung mengerahkan tim penyelamat dan unit pemadam kebakaran ke lokasi kecelakaan. Kobaran api yang menghanguskan tubuh pesawat kargo An-12 akhirnya berhasil dipadamkan. 

Gubernur Oblast Irkutsk, Igor Kobzev kemudian mengonfirmasi bahwa semua penumpang telah meninggal, dan tidak ada yang selamat, mengutip okezonecom.

Kementerian Transportasi Belarus mengatakan bahwa pesawat itu dioperasikan oleh "awak berpengalaman" dari tiga warga negara yakni dua orang Rusia dan dua orang Ukraina. Mereka telah mengantongi lebih dari 12.000 jam terbang di kemudi An-12, dan tidak ada kargo di dalamnya pada saat kecelakaan itu.

An-12 adalah pesawat turboprop era Soviet yang diproduksi antara 1957 dan 1973, terutama untuk angkatan bersenjata Uni Soviet. 

Pada 2019, sebuah An-12 jatuh di dekat bandara Lviv di Ukraina Barat, menewaskan lima orang dan melukai tiga orang lagi.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])