Peneliti MIT Menemukan 'Black Widow' di Bima Sakti

Nusantaratv.com - 16/05/2022 19:00

Black Widow / indiatimes.com
Black Widow / indiatimes.com

Penulis: Harry Prasetyo | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology telah menemukan sebuah objek baru, sekitar 3.000 hingga 4.000 tahun cahaya jauhnya, yang mengeluarkan kilatan cahaya misterius.

Menurut para peneliti, mereka merasa itu bisa menjadi bintang ''Black Widow' yaitu pulsar yang berputar cepat atau bintang neutron yang tumbuh dengan perlahan memakan bintang pendampingnya yang lebih kecil.

'Black Widow'  adalah fenomena langka karena hanya sekitar dua lusin dari mereka yang terdeteksi di Bima Sakti dan para peneliti mengklaim bahwa bintang yang dijuluki ZTF J1406+1222 adalah yang paling aneh dari semuanya.

Untuk menemukan sistem baru ini, mereka menggunakan pendekatan baru menggunakan cahaya untuk mendeteksi sistem sebagai lawan menggunakan radiasi sinar gamma dan sinar-X konvensional yang dipancarkan oleh pulsar pusat.

Menurut para peneliti, 'Black Widow'  memiliki periode orbit terpendek yang pernah diidentifikasi dengan pulsar dan bintang pendamping yang saling mengitari setiap 62 menit. Sistem ini disebut-sebut unik karena bintang-bintang ini tampaknya menampung bintang ketiga yang mengorbit di sekitar dua bintang dalam setiap 10.000 tahun.

Para peneliti juga mencoba menguraikan misteri pembentukannya. Mereka berteori bahwa sistem tersebut kemungkinan muncul dari konstelasi padat bintang tua yang dikenal sebagai gugus bola. Sistem mungkin telah menjauh dari gugus menuju pusat Bima Sakti.

Menurut peneliti utama dan fisikawan, Kevin Burdge dari Departemen Fisika MIT, sistem itu mungkin bisa mengambang di Bima Sakti lebih lama dari Matahari kita.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in