Pencak Silat Hilang Emas Akibat Ketidaksengajaan Tendangan

Nusantaratv.com - 16 Mei 2022

Silat Hilang Emas  / Foto: NOC Indonesia
Silat Hilang Emas / Foto: NOC Indonesia

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Pencak silat Indonesia harus berlapang dada dengan hasil yang diperoleh di SEA Games 2021 Vietnam. Cabang olahraga beladiri asal Indonesia ini pulang dengan koleksi 1 medali emas, 5 perak, dan 3 perunggu. Hasil ini menempatkan pencak silat Indonesia di ranking 4 klasemen akhir. 

Posisi tersebut diamankan Indonesia usai meraih tiga medali perak pada disiplin tarung, Senin (16/05). Adalah Khoriudin Mustakim (50-55kg putra), Muhamad Yachser Arafa (55-60kg putra), dan Ronaldo Neno (80-85kg putra) yang dipaksa mengakui keunggulan lawan mereka saat turun di partai final di Bac Tu Liem Sport Center, Ha Noi.

Hasil ini luar dugaan, mengingat Mustakim sebenernya memiliki kesempatan untuk mencuri emas saat bertanding kontra pesilat Malaysia, Muhammad Khairi Adib Azhar. Sebab, ia awalnya unggul dalam perolehan poin.

Posisi itu mampu dijaganya hingga jelang satu menit sebelum berakhirnya ronde ketiga. Ketidaksengajaan tendangan Mustakim yang mengenai  leher Khairi roboh dan mendapat penanganan medis. Suasana langsung berubah menjadi panas dan tak lama kemudian, staf pelatih Indonesia mendapat kartu kuning.

Setelah pertarungan dilanjutkan lagi, perolehan Mustakim dikurangi 10 poin. Hal ini membuat skor menjadi 49-50 untuk pesilat Malaysia. Dengan sisa waktu sekitar 10 detik, Mustakim berusaha menambah perolehan poinnya. Namun skor tetap tak berubah.

"Jadi Mustakim ada tiga kali dirugikan. Pertama, jatuh yang tidak disahkan (harusnya mendapat 3 poin), lalu diberi   peringatan yang tidak perlu, serta   pengurangan poin yang harusnya 5 jadi 10 poin," kata pelatih pencak silat Tim Indonesia Indro Cipto.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



1

(['model' => $post])