Pemkot Bandung perbanyak lampu jalan dan CCTV cegah begal

Nusantaratv.com - 08/12/2022 17:27

Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung)
Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memperbanyak lampu jalan mulai dari Penerangan Jalan Umum (PJU), Penerangan Jalan Lingkungan (PJL), hingga kamera pengawas atau CCTV guna mencegah aksi begal.
 
Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp24 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk memperbanyak lampu jalan tersebut.
 
"Karena faktanya kejadian kejadian itu (kriminalitas) bisa terekam CCTV," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis.
 
Menurut dia,  penempatan lampu jalan dan kamera CCTV itu dikoordinasikan dengan seluruh pihak agar penempatannya maksimal. Sehingga menurutnya penempatannya disesuaikan dengan kebutuhan atau kerawanan.
 
"Saya sudah panggil Kadishub dan Dinas Pertamanan, untuk berkoordinasi menerapkan PJU dan PJL terutama di kawasan pohon rindang seperti Cipaganti dan Setiabudi, memang banyak yang terhalang, tapi karena sekarang pakai LED," kata Yana.
 
Yana pun mengaku prihatin atas kejadian begal di Jalan Sudirman, Kota Bandung, Jawa Barat, yang menewaskan dua orang pada Rabu (16/11) dini hari.
 
Meski pihaknya telah berupaya mencegah begal, dia pun tetap meminta masyarakat untuk tetap berwaspada dan mengantisipasi kejahatan jalanan.
 
"Saya juga mengingatkan kepada warga untuk berhati-hati dan tidak memaksakan berpergian di malam hari," kata Yana.
 
Adapun aksi begal itu dilakukan dua tersangka berinisial GA (19) dan AN (20). Para pelaku melakukan aksi begal hingga melakukan penusukan kepada dua korban menggunakan senjata tajam.
 
Namun pihak Polrestabes Bandung berhasil menangkap pelaku yang kabur ke Kabupaten Cianjur dalam waktu kurang dari enam jam.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in