Pemerintah Mendadak Naikkan Harga Gula jadi Rp17.500, Alasannya untuk Cegah Kelangkaan

Nusantaratv.com - 18 April 2024

Pelanggan sedang membeli gula pasir di pasar tradisional/ist
Pelanggan sedang membeli gula pasir di pasar tradisional/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) mendadak memutuskan menaikkan harga gula di tingkat konsumen.

Harga acuan pembelian (HAP) gula di tingkat konsumen yang semula Rp16.000 per kg, kini menjadi Rp 17.500 per kilogram. Sedangkan khusus untuk wilayah Maluku, Papua dan wilayah Tertinggal, Terluar, dan Perbatasan ditetapkan sebesar Rp 18.500 per kilogram.

Kenaikan harga ini dipicu permintaan yang disampaikan Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) untuk merelaksasi harga gula, karena pihaknya mengaku sulit menjual gula sesuai HAP yang ditentukan, sementara harga beli dari produsen gula sudah tinggi. Menurut Aprindo jika relaksasi tak diberikan kelangkaan gula akan terjadi di ritel.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan penetapan HAP gula yang baru Rp17.500 per kilogram akan berlaku hingga tanggal 31 Mei 2024.

Ia memastikan tidak akan terjadi kelangkaan gulan di ritel. 

"Sudah kita berikan relaksasi gula jadi Rp 17.500 per kilogram sampai 31 Mei, dengan begitu kita pastikan gula tersedia dan nggak akan hilang, karena ada relaksasi," kata Arief, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Arief mengatakan penetapan kenaikan HAP gula ini karena biaya produksi gula di Tanah Air sudah tinggi. Selain itu, harga gula konsumsi yang diimpor dari luar negeri juga sudah tinggi.

"Jadi waktu sebelum Lebaran, relaksasi gula ini sudah kita tetapkan, agar pemenuhan kebutuhan gula selama Lebaran kemarin tercukupi. Terbukti juga kan kemarin Lebaran, gula aman-aman saja," tukasnya, dikutip dari cnbcindonesiacom.

Panel Harga Badan Pangan mencatat, harga gula hari ini (Kamis, 18/4/2024), naik Rp40 ke Rp18.040 per kg. Sepekan lalu, 11 April 2024, harga tercatat sempat melambung ke Rp18.370 per kg. Harga tersebut adalah rata-rata nasional di tingkat pedagang eceran.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])