Pemerintah Belgia Larang Penyembelihan Hewan secara Halal, Warga Muslim Protes 

Nusantaratv.com - 04 Oktober 2021

Ilustrasi tempat pemotongan hewan/ist
Ilustrasi tempat pemotongan hewan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Pemerintah Belgia melarang cara penyembelihan hewan secara halal seperti yang dipraktikkan umat Islam. Warga muslim Belgia pun langsung melontarkan protes dan akan mengajukan banding. 

Asosiasi Muslim negara itu akan mengajukan banding di Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa terhadap keputusan Mahkamah Konstitusi Belgia yang melarang penyembelihan hewan halal yang diumumkan pada Jumat (1/10).

Kantor Eksekutif Muslim di Belgia dan Dewan Koordinasi Institusi Islam Belgia memutuskan untuk mengajukan banding setelah badan yudisial Belgia menyetujui larangan tersebut pada Kamis (30/9).

"Teknik penyembelihan agama saat ini merupakan alternatif lengkap untuk hewan yang menakjubkan dan sepenuhnya kompatibel dengan persyaratan kesehatan masyarakat, keamanan pangan, dan kesejahteraan hewan," jelas mereka mengutip cnnindonesia, Senin (4/10/2021).

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin Ingin NU Berperan dalam Perdamaian Global

"Kewajiban yang menakjubkan, di sisi lain, hanyalah ukuran simbolis emosional, yang hanya berfungsi, merugikan minoritas agama, untuk menenangkan hati nurani konsumen rata-rata dan untuk mengaburkan kenyataan bahwa hewan dibesarkan sebagai objek konsumsi di mega-kios industri," imbuh mereka.

Polemik terkait tata cara penyembelihan hewan di Belgia mencuat setelah lahirnya undang-undang baru tentang Perlindungan dan Kesejahteraan Hewan mulai berlaku di wilayah Wallonia dan Flanders di Belgia, pada 2019. Undang-undang tersebut melarang penyembelihan di ritual tradisional Muslim dan Yahudi serta mewajibkan penjagal menyetrum hewan sebelum memotongnya.

Organisasi Muslim dan Yahudi menentang RUU tersebut. Mereka beranggapan larangan penyembelihan ritual bertentangan dengan kebebasan beragama.

Namun protes juga dilontarkan kelompok pendukung hak hewan dan nasionalis sayap kanan yang terus mendorong pelarangan ritual penyembelihan. Persoalan ini kerap membuat kubu agama dan kubu hak hewan berselisih. 


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])