Paus Fransiskus Janji Bantu Lebanon untuk Bangkit Kembali

Nusantaratv.com - 26 November 2021

Paus Fransiskus dan PM Lebanon Najib Mikati.
Paus Fransiskus dan PM Lebanon Najib Mikati.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemimpin Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus bertemu Perdana Menteri (PM) Lebanon Najib Mikati, pada Kamis (25/11/2021).

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 20 menit, kedua pemimpin itu membahas krisis ekonomi dan sosial yang menghancurkan Lebanon.

"Lebanon adalah sebuah negara, sebuah pesan dan bahkan janji yang layak diperjuangkan," kata Paus Fransiskus kepada delegasi Lebanon setelah pertemuan pribadi tersebut, seperti dikutip dari i24news, Jumat (26/11/2021).

Dia kemudian merujuk pada kisah Yairus dalam Injil di mana Yesus membangkitkan anak perempuan pria itu yang berusia 12 tahun, yang diyakini telah meninggal. Yesus memberi tahu orang tuanya jika dia hanya tidur dan gadis itu bangun ketika Yesus memerintahkannya.

"Saya berdoa agar Tuhan mengangkat tangan Lebanon dan berkata 'bangkit'," kata Paus Fransiskus.

Dia menambahkan jika Lebanon sedang mengalami 'masa yang sangat sulit dan buruk'. "Saya meyakinkan Anda tentang doa saya, kedekatan saya, dan janji saya untuk bekerja secara diplomatis dengan negara-negara sehingga mereka bersatu dengan Lebanon untuk membantunya bangkit kembali," imbuh Paus Fransiskus.

Diketahui, Lebanon sedang mengalami krisis ekonomi yang menghancurkan, dengan mata uang yang kehilangan 90 persen nilainya. Negara ini juga berupaya melakukan negosiasi dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk bantuan keuangan guna membantu ekonomi negara itu ke tingkat yang lebih stabil.

Pada Selasa (23/11/2021), Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) menyerukan 'tindakan mendesak' untuk melindungi anak-anak Lebanon setelah terjadinya lonjakan pekerja anak dan kerawanan pangan di negara itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])