Organisasi Ninja Sebut MUI Tak Layak Dibubarkan

Nusantaratv.com - 24/11/2021 12:58

Ketua Umum Ninja C Suhadi.
Ketua Umum Ninja C Suhadi.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ketua Umum Negeriku Indonesia Jaya (Ninja), C Suhadi turut menanggapi isu pembubaran Majelis Ulama Indonesia (MUI), pasca ditangkapnya salah satu pengurus MUI yang diduga terlibat kasus terorisme.

Menurut Suhadi, MUI bukan organisasi yang negatif, dan ormas sembarangan yang bisa dengan mudah dibubarkan. Sebab berisikan sekelompok tokoh atau ulama yang hendak mengabdikan diri pada nasihat dan fatwa. 

"MUI ini bukan hanya dari sekelompok organ besar akan tetapi terdiri dari banyak kelompok organisasi seperti, NU, Muhammadiyah. Ada para tokoh cendikiawan Muslim serta unsur dari TNI, baik darat, laut dan udara serta Polri," ujar Suhadi, Selasa (23/11/2021).

MUI yang berdiri sejak 46 tahun yang lalu, menurutnya memilik peran yang sangat besar dalam menerbitkan serfikat halal pada makanan guna untuk melegitimasi produk halal dan haram di Indonesia.

Sehingga, kata dia sangat tak mungkin MUI bisa dibubarkan, karena dampaknya akan berimbas pada regulasi yang ada. 

"Dalam waktu tertentu ada banyak kekosongan yang terjadi berkaitan dengan cap halal dan haram (bila MUI dibubarkan)," ujarnya.

Dengan merujuk pada parameter undang-undang tersebut, kata Suhadi organisasi MUI bukan hanya sebagai organisasi biasa seperti FPI atau HTI yang seketika dapat dibubarkan kapan saja.

Walau demikian, kata Suhadi, diperlukan pembenahan agar MUI kembali kepada tujuan awal pendiriannya, yaitu wadah rembuk ulama dan fatwa.

"MUI harus kembali ke khittahnya bukan masuk pada politik praktis seperti Pilkada DKI dan biarlah wilayah politik dimainkan dalam gendang organisasi asal," jelasnya.

"Karena politik itu tidak seperti mengeluarkan sertifikat halal yang ada sumbernya, sedangkan politik itu seperti kentut yang terasa baunya tapi tidak tahu asalnya," imbuh Suhadi. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in